Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bawaslu Gunung Mas Bangga Lebih dari 30 Persen Perempuan Jadi Panwaslu Kecamatan

  • Oleh Riska Yulyana
  • 28 Oktober 2022 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gunung Mas bangga lantaran ada lebih dari 30 persen anggota panitia pengawas pemilu (panwaslu) kecamatan adalah perempuan. Tepatnya ada 36 anggota panwaslu Kecamatan yang dilantik, 20 laki-laki dan 16 perempuan.

"Saya bangga karena adanya partisipasi aktif dari perempuan di Kabupaten Gunung Mas untuk mendaftar menjadi anggota panwaslu Kecamatan dan angka keterpilihan sudah melebihi 30 persen," ujar Ketua Pokja Perekrutan Panwaslu Kecamatan pada Pemilu Serentak tahun 2024, Katriana, Jumat, 28 Oktober 2022.

Artinya, kata Katriana, keterlibatan perempuan di Kabupaten Gunung Mas dalam proses pengawasan pemilu mengalami peningkatan. Bukan sekadar untuk memenuhi kuota, namun ke 16 perempuan itu terpilih setelah diuji secara komprehensif.

Katriana melanjutkan, kondisi yang seperti itu juga menunjukkan bahwa saat ini perempuan di Kabupaten Gunung Mas sadar akan potensi dirinya yang bisa terus dikembangkan sesuai dengan keinginan dan kemampuannya.

Katriana berharap, para srikandi dari anggota panwaslu kecamatan yang telah dilantik saat bertugas di Pemilu serentak tahun 2024 bisa bekerja profesional dan sesuai dengan pakta integritas yang telah ditandatangani.

"Harapannya dalam melakukan kerja-kerja pengawasan, mereka dapat melaksanakannya secara proposional, profesional hingga mereka mengakhiri tugas pengawasan," tukas Katriana yang juga sebagai anggota Bawaslu Gunung Mas Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat.

Sebelumnya, dari 108 yang lolos seleksi administrasi, 43 calon merupakan perempuan dan 65 laki-laki. Kemudian, setelah dilakukan tes tertulis, dari 68 peserta yang lolos tes tertulis berbasis komputer, ada 23 perempuan yang lolos dan 45 laki-laki.

Barulah kemudian dilaksanakan tes wawancara yang mana akhirnya terpilihlah 36 anggota panwaslu kecamatan yang terdiri dari 16 perempuan dan 20 laki-laki.

Hari ini, Jumat, 28 Oktober 2022, Bawaslu Kabupaten Gunung Mas telah melantik ke 36 anggota panwaslu kecamatan yang terpilih tersebut. (RISKA YULYANA/B-7)

Berita Terbaru