Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Diminta Optimalkan Serapan Pajak dengan Sistem Jemput Bola

  • Oleh Hendri
  • 01 November 2022 - 11:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi A DPRD Palangka Raya, Rusdiansyah meminta pemerintah daerah mengoptimalkan serapan pajak sebagai sumber pendapatan daerah dengan melalui sistem jemput bola.

“Tentu saja ada faktor-faktor yang membuat tidak maksimalnya serapan PAD dari sektor pajak, salah satunya adalah sosialisasi dan sistem penagihan yang dilakukan. Harus ada inovasi dan terobosan baru agar serapan pajak dan retribusi bisa lebih maksimal, yakni bisa dengan sistem jemput bola,” katanya, Selasa, 1 November 2022.

Selain terus menerapkan sistem jemput bola, langkah sosialisasi kepada pengusaha atau objek pajak juga menjadi cara yang efektif untuk dilaksanakan, karena selama ini banyak pemilik usaha terbilang semena-mena tidak melakukan kewajibannya membayar pajak, namun setelah dilakukan razia para objek pajak baru mengurusnya.

“Bila perlu sediakan tenaga ahli pajak atau SDM yang terampil di lapangan dalam menagih dan mensosialisasikan kepada para pengusaha dan masyarakat, sehingga apa yang diharapkan sampai kepada objek pajak dengan maksimal,” ujarnya.

Legislator PKB ini juga berharap, pemerintah daerah mampu mengevaluasi seluruh kegiatan yang akan menghasilkan PAD sehingga ke depan semua akan berjalan sesuai rencana dan maksimal.

“Pemerintah juga ke depan harus mengevaluasi masalah pendapatan PAD ini, sehingga semua kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan PAD bisa berjalan maksimal di lapangan,” tuturnya.

Rusdiansyah juga mengimbau kepada seluruh pengusaha yang mempunyai tanggungjawab dalam membayar pajak agar tidak mengabaikan kewajibannya demi kemajuan pembangunan di segala bidang. (HENDRI/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru