Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menpora Gandeng Perguruan Tinggi Kembangkan Prestasi Olahraga

  • Oleh ANTARA
  • 04 November 2022 - 02:00 WIB

BORNEONEWS, Padang - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali menyatakan akan menggandeng perguruan tinggi di Indonesia dalam mengembangkan prestasi olahraga nasional sesuai dengan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

"Desain olahraga ini penting sebagai peta dalam mencapai prestasi dan perguruan tinggi merupakan mitra strategis dalam pengembangan olahraga ini," kata Menpora di Padang, Kamis.

Menurut dia perguruan tinggi di bidang olahraga memiliki sarana dan prasarana, sumber daya manusia, serta laboratorium olahraga.

"Kita mendorong sentra olahraga yang ada di seluruh daerah dapat menempel ke perguruan tinggi," kata dia.

Ia mengatakan pada saat ini ada lima perguruan tinggi yang ditetapkan masuk dalam DBON yakni Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Universitas Negeri Semarang (Unnes), Unesa Surabaya dan Universitas Negeri Padang (UNP).

"Kita tahap awal menggandeng universitas yang memiliki ilmu keolahragaan dan kita pilih lima perguruan tinggi itu," kata dia.

Awalnya UNP ini tidak masuk dalam program namun Rektor UNP mencoba meyakinkan agar kampusnya serius untuk mengembangkan olahraga dengan menyiapkan sarana dan prasarana pendukung.

Ia mengatakan 76 tahun Indonesia merdeka belum memiliki desain olahraga dan prestasi telah diraih itu semua bukan by design tapi by accident.

"Atlet ini harus kita cetak dengan desain yang ada dan program DBON ini akan melakukan pembimbingan atlet dari mereka lulus sekolah dasar hingga perguruan tinggi," kata dia.

Menurut dia olahraga kerap diletakkan sebagai pilihan terakhir karena memandang ini sebagai biaya, padahal itu investasi negara untuk mengangkat sumber daya manusia dan harkat martabat bangsa.

Pihaknya meletakkan Olimpiade dan Paralimpiade sebagai sasaran utama sementara untuk Asian Games dan ASEAN Games sebagai sasaran antara.

Berita Terbaru