Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ogan Komering Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Timur Bantu Bibit dan Pupuk untuk 800 Hektare Sawit Masyarakat di 2023

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 09 November 2022 - 21:41 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Setelah menyalurkan bantuan dana untuk pembukaan lahan sawit masyarakat dengan total seluas 800 hektare pada 2022, Pemkab Barito Timur kembali akan memberikan bantuan berupa bibit dan pupuk pada 2023.

"Tahun depan rencananya bantuan bibit sawit dan pupuk untuk lahan yang telah dibuka tahun ini," ungkap Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas, Rabu, 9 November 2022.

Bantuan pembukaan lahan sawit, bibit maupun pupuk dimaksudkan untuk memicu atau menjadi percontohan bagi masyarakat  sehingga kelak dapat membuka lahan sawit secara mandiri.

Meski masa jabatannya sebagai kepala daerah akan berakhir September 2023, Ampera berharap bupati berikutnya bisa membuat koperasi untuk petani sawit agar kelak dapat memproduksi sendiri crude palm oil atau CPO.

Pada tahun ini, Pemkab Barito Timur melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan menyalurkan bantuan dana pembukaan lahan sawit masyarakat dengan nilai Rp2 juta per hektare.

Bantuan tersebut selain untuk meringankan beban masyarakat, juga dimaksudkan untuk mencegah pembakaran lahan secara besar-besaran.

Menurut Ampera, syarat lahan yang dibuka yaitu bukan wilayah hak pengelolaan lahan atau HPL, tanah subur, bukan lahan pertanian, bukan lahan jagung dan bukan lahan karet.

Sedangkan syarat bagi warga penerima bantuan pembukaan lahan sawit masyarakat yaitu bukan anggota TNI, Polri dan ASN. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru