Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Buton Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Barito Timur Tinjau Persiapan Bazar Mini UMKM di Taman Nansarunai

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 18 November 2022 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Timur, Panahan Moetar didampingi Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM serta Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga, meninjau persiapan Bazar Mini UMKM di Taman Nansarunai Tamiang Layang, Jumat, 18 November 2022.

Diketahui, Bazar Mini UMKM di Tamiang Layang akan digelar perdana besok, Sabtu, 19 November 2022 mulai pukul 08.00 WIB sampai selesai. Selanjutnya bazar tersebut dilaksanakan secara rutin setiap hari Sabtu.

Pantauan Borneonews, di lokasi bazar tampak para petugas dari dinas-dinas terkait sibuk mempersiapkan tenda, sambungan listrik maupun tempat sampah.

Pada kesempatan tersebut selain mengecek kesiapan acara besok, Panahan juga memberikan arahan-arahan kepada semua dinas yang terlibat sehingga kegiatan bazar nanti dapat berlangsung dengan baik.

"Informasi yang saya terima sudah ada 30 pelaku UMKM yang mendaftar selain yang sudah berjualan rutin di sini,"  ungkapnya kepada wartawan saat diwawancarai.

Dia menjelaskan, Bazar Mini UMKM tersebut merupakan tindak lanjut dari hasil pelaksanaan Expo Bartim 2022 beberapa bulan lalu, program pemulihan ekonomi pascapandemi covid-19 serta untuk menekan laju inflasi.

"Ini jadi stimulus dari pemerintah daerah untuk pelaku UMKM, mudah-mudahan dengan bazar mini ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat kita dan inflasi bisa ditekan," ujar Sekda.

Panahan menambahkan, sebagai pemilik lokasi, dinas kebudayaan, pariwisata, kepemudaan dan olahraga juga akan memungut retribusi parkir yang ditempatkan di depan lapangan tenis indoor.

"Mudah-mudahan ini juga dapat menunjang PAD (Pendapatan Asli Daerah) kita dari retribusi parkir," harapnya.

Pemerintah daerah, lanjut Panahan, akan terus mengevaluasi kegiatan tersebut sekaligus menata penjual makanan dan minuman yang setiap hari berjualan di Taman Nansarunai sehingga ditemukan formula pemberdayaan UMKM yang paling baik.

"Tahun depan kita upayakan dengan melibatkan sponsor membuat booth yang seragam untuk penjual makanan itu supaya tidak merusak estetika taman," jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM, Berson memastikan Bazar Mini UMKM di Kota Ampah juga mulai dilaksanakan hari Minggu, 20 November 2022.

"Di Ampah akan rutin kita laksanakan setiap hari Minggu dan saat ini kami sedang mempersiapkan tempatnya," ujar Berson. (BOLE MALO/B-7)

Berita Terbaru