Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banjir di Palangka Raya Belum Menunjukan Tanda-Tanda Surut

  • Oleh Hendri
  • 22 November 2022 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Hingga hari ini, ketinggian debit air yang melanda 17 kelurahan di Kota Palangka Raya nampaknya belum menunjukkan tanda-tanda surut. Air luapan dari Sungai Kahayan dan Sungai Rungan masih bertambah antara 2 hingga 15 centimeter setiap hari.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya, Emi Abriyani mengingatkan masyarakat yang bermukim pada daerah aliran sungai (DAS) untuk lebih waspada.

Dia mengatakan, sepanjang awal pekan ini Kota Cantik terus diguyur hujan dengan intensitas sedang. Di Kelurahan Kalampangan dan Marang, ada kenaikan debit air sebanyak 2 cm sedangkan di Kelurahan Kanarakan naiknya hingga 30 cm.

Kemudian di Kelurahan Banturung mengalami kenaikan 15 cm dari hari sebelumnya, lalu di Kelurahan Tanjung Pinang dan Bereng Bengkel mengalami kenaikan 3 cm dari hari sebelumnya dan sebagian besar dapur milik masyarakat mulai banjir.

“Sedangkan pantauan di wilayah Kelurahan Pahandut dan Palangka ketinggian airnya masih bertahan. Sejauh ini menunjukan tanda-tanda surut," katanya, Selasa, 22 November 2022.

Akibatnya, ribuan masyarakat kini harus tinggal dengan ancaman banjir yang berpotensi terus meningkat. Kecamatan Jekan Raya dan Pahandut, menjadi wilayah banjir terparah.

Untuk di wilayah Jekan Raya ada 3.289 kepala keluarga atau 12.315 jiwa yang terdampak banjir dengan total 1.122 rumah yang terendam dan di Pahandut ada 2.176 Kepala Keluarga atau 8.340 jiwa dan 1.783 rumah terdampak.

Dia menyebutkan, ada 3 kecamatan yang sekarang warganya sampai ada yang mengungsi, yakni di Kecamatan Pahandut dengan 8 kepala keluarga dan 27 jiwa, Jekan Raya dengan 92 kepala keluarga dan 275 jiwa serta di Kecamatan Sebangau 8 kepala keluarga dan 30 jiwa.

"Totalnya ada 109 kepala keluarga dan 332 jiwa yang tinggal di pengungsian,” pungkasnya. (HENDRI/B-7)


TAGS:

Berita Terbaru