Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Purworejo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Fraksi PDIP Gunung Mas Minta Penjelasan Dampak Program Smart Agro

  • Oleh Riska Yulyana
  • 24 November 2022 - 21:16 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Fraksi PDIP DPRD Gunung Mas bertanya terkait progres program smart agro yang dicanangkan oleh Bupati dan Wakil Bupati Gumas.

"Ringkasan RAPBD yang berkaitan dengan program Bupati dalam bidang smart agro perlu diminta penjelasan sejauh mana dampak atau imbas secara ekonomi untuk masyarakat yang dilibatkan dalam program tersebut" tanya juru bicara Fraksi PDIP DPRD Gunung Mas Elvi Esie, Kamis, 24 November 2022.

Dia melanjutkan jangan sampai anggaran yang dikucurkan untuk program tersebut tidak ada dampak untuk masyarakat terlebih untuk kesejahteraan ekonomi masyarakatnya.

Sementara itu Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P Umbing menyampaikan jawaban pemerintah daerah terkait tanggapan dari Fraksi PDIP DPRD Gunung Mas tersebut.

"Smart Agro merupakan konsep pembangunan pertanian menggunakan mekanisme tekonologi dalam rangka meningkatkan ekonomi kerakyatan serta menjadikan sektor pertanian yang berkelanjutan bagi masyarakat dengan dampak negatif yang minim bagi lingkungan," ujarnya.

Efrensia mengatakan, konsep ini berimbas bagi perekonomian masyarakat berdasarkan telaah di lapangan.

Lanjutnya, budidaya padi baik  yang berada di sawah irigasi teknis maupun ladang, pembangunan budidaya jagung hybrida, budidaya sawit, pengembangan perikanan dan peternakan memberikan usaha tani yang menguntungkan yang artinya bisa menjadi penghasilan masyarakat bila ditekuni.

"Apabila dilihat dari indikator makro, maka konstribusi sektor pertanian dan perikanan meningkat 5,75 persen dari tahun sebelumnya," tukasnya. (RISKA YULYANA/B-11)

Berita Terbaru