Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anjing Gila Serang Warga, Tiga Orang Jadi Korban

  • Oleh Ramadani
  • 03 Desember 2022 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Sebanyak tiga orang warga di Desa Hajak, Kecamatan Teweh Baru dan Desa Trinsing, Kecamatan Teweh Selatan Kabupaten Barito Utara menjadi korban gigitan anjing gila.

Informasi gigitan anjing gila ini viral di grup WhatsApp (WA) dan facebook (FB) di Kota Muara Teweh. Dalam postingan di grup WA tersebut, satu orang dewasa dibawa ke RSUD Muara Teweh untuk mendapatkan perawatan.

“Info sementara bahwa kejadian di Desa Trinsing, agar masyarakat untuk sementara jika ada aktifitas weekend ke arah Desa Trinsing agar berhati hati. Ada dua warga yang digigit anjing gila, satu orang dewasa atas nama Suhar dan satu anak didik SDN 1 Trinsing atas nama Rangga di RT 2 Desa Trinsing dan satu orang di Desa Hajak,” kata Dayat Batara di grup WA Team Reaksi Cepat, Sabtu 3 Desember 2022.

Dalam grup WA Team Reaksi Cepat tersebut Dayat Batara juga memperingatkan kembali kepada warga untuk berhati-hati baik daerah Trinsing, Hajak dan Trahean serta Muara Teweh, karena yang namanya musim anjing gila biasanya penyebarannya cepat apalagi dalam kota Muara Teweh. Di daerah Tarera dan Panti Ajar banyak warga yang memelihara anjing.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Barito Utara, Syahmiludin A Surapati saat dihubungi melalui sambungan telepon Sabtu 3 Desember 2022 mengatakan, ada tiga warga yang terkena gigitan anjing, satu orang warga di Desa Hajak dan dua orang lainnya warga di Desa Trinsing.

“Kami bersama dinas instansi terkait akan merapatkan, mengkaji dan mengkalkulasi kejadian tersebut, bagaimana nantinya penanganan hewan liar, agar tidak menyalahi aturan, apakah nanti akan dimusnahkan atau ditangani,” kata Syahmiludin.

Ia menambahkan, dengan adanya tiga korban gigitan anjing gila ini, artinya pihaknya akan melibatkan pihak-pihak terkait dalam melaksanakan rapat koordinasi nantinya seperti pihak TNI/Polri, Dinas Kesehatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Lebih lanjut Syahmil, pihak Dinas Pertanian melalui Bidang Peternakan beberapa waktu lalu sudah memberikan vaksinasi terhadap hewan peliharaan milik masyarakat di daerah Desa Bintang Ninggi I, Bintang Ninggi II dan Desa Trahean.

“Ada beberapa titik yang masih belum diberikan vaksinasi di Desa Trinsing. Dan bagi masyarakat, kami menghimbau agar meminta atau mengundang petugas untuk vaksin dengan catatan pada saat petugas memberikan vaksin pemilik hewan agar bisa mendampingi hewan yang akan divaksin,” kata dia.

Vaksin kata Kadis Pertanian, dilaksanakan secara kolektif untuk hewan peliharaan warga masyarakat. Dan bagi yang hewan peliharaanya belum divaksin, warga bisa mengundang atau berkirim surat ke petugas vaksinasi.

Berita Terbaru