Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ngawi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

36 Tokoh di Lamandau Dianugerahi Gelar Adat Dayak

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 06 Desember 2022 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Dinilai telah memberikan kontribusi besar bagi pembangunan di Kabupaten Lamandau, 36 tokoh di daerah setempat dianugerahi gelar adat Dayak oleh Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Lamandau.

Pemberian gelar tersebut diserahkan langsung oleh Ketua DAD Kabupaten Lamandau, Hendra Lesmana di Aula Kantor Bappeda dan Litbang setempat. Acara tersebut juga merupakan salah satu rangkaian kegiatan Festival Budaya Babukung Tahun 2022.

Ketua DAD Kabupaten Lamandau, Hendra Lesmana mengungkapkan, 36 tokoh di Kabupaten Lamandau yang mendapatkan Gelar Adat Dayak itu, terdiri atas pejabat Pemerintah Kabupaten Lamandau dan sejumlah tokoh masyarakat.

“Pemberian gelar tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan Festival Babukung yang kita gelar beberapa waktu lalu,” terang Hendra di Nanga Bulik, Selasa 6 Desember 2022.

Pria yang juga menjabat sebagai Bupati Lamandau itu menyebut, Penggolaran atau pemberian gelar adat ini tahapannya telah dilakukan oleh kerapatan adat, tentunya dengan berbagai macam pertimbangan.

“Sedikitpun tidak ada intervensi kaitan dengan nama atau gelar yang diberikan, ini sepenuhnya saya serahkan pada kerapatan adat, yang pasti apapun itu InsyaAllah merupakan apresiasi penghargaan dan doa yang disematkan digelar tersebut,” ujarnya.

Pemberian gelar, lanjut Hendra, merupakan bentuk apresiasi terhadap sejumlah tokoh masyarakat yang dianggap memiliki kontribusi baik dari aspek bidang pekerjaannya ataupun hal-hal yang berdampak baik terhadap masyarakat, terlebih lagi untuk Kabupaten Lamandau.

Dalam acara tersebut, Bupati Lamandau mendapat gelar Omas Tomonguk'ng Tali Bicara Kunci Bumi, Wakil Bupati Lamandau mendapat gelar Omas Aguk'ng Tata Nagara, dan Sekretaris Daerah Kabupaten Lamandau mendapat gelar Omas Suko Abdi Nagara.

“Mudah-mudah dengan pemberian gelar adat ini dapat menjadi motivasi bagi kita semua untuk bisa terus berbuat dan berkontribusi untuk pembangunan daerah, dalam rangka bersama-sama untuk memajukan Kabupaten Lamandau yang lebih baik ke depan,” tandasnya. (HENDI NURFALAH/B-7)

Berita Terbaru