Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ritual Adat Mengawali Pembangunan Lima Proyek Multiyears

  • 14 Februari 2016 - 21:20 WIB

ACARA ritual adat Da'yak digelar untuk mengawali dimulai'nya' pembangunan kantor bupati, DPRD, stadion, masjid agung dan christiani center di Kabupaten Pulang Pisau.

Acara yang dipimpin para te'tua Dayak Kecamatan Kaha'yan Hilir ini dilaksanakan di lokasi pembangunan kan'tor bupati, jalan lintas' Kalimantan, Kelurahan Bere'ng, Sabtu (13/2/2016).

Acara ritual yang dilaksana'kan selama tiga hari ini diha'diri Sekda Afiadin Husni, Ka'polsek Kahayan Hilir Ipda Su'giarso, dan tokoh masyarakat.

Damang Adat Kahayan Hi'lir, Darius A Kung mengata'kan prosesi ritual ini merupa'kan tradisi masyarakat Dayak Kalteng. Dimana saat akan mendirikan suatu bangun'an, maka harus melakukan ri'tual.

'Kalau sama seperti manu'sia' kita permisi dulu,  semoga dalam pelaksanaannya, para pe'kerja tidak dapat bahaya ce'laka baik dari mulainya pembangunan sampai selesai, bah'kan hingga digunakan. Semuanya dalam keadaan se'lamat,' terangnya.

Selama prosesi ritual tiga hari itu tidak boleh ada aktivi'tas di lokasi rencana pemba'ngunan.

Sekda Pulpis Afiadin Husni me'ngatakan ritual ini dalam rangka memohon keamanan kepada leluhur. Diharapkan pe'laksanaan pembangunan berjalan lancar.

'Dengan adanya kantor bu'pati, DPRD, stadion, masjid agung, dan christiani center, merupakan gambaran salah satu wajah kabupaten yang me'miliki kantor dan bangun'an yang respresentatif dan men'jadi ikon Pulang Pisau,' katanya.

Pembangunan kantor ini me'rupakan janji kepemimpin'an Bupati Edy Pratowo dan Wa'kilnya Pudjirustaty Nara'ng.

'Kita tentu harus menduku'ng kelancaran dari pembangu'n'an ini,' ujar Afiadin yang ju'ga Plt Kepala Dinas PU Pulang Pisau ini.

Dia menyebut para kontraktor telah berkomitmen me'laksanakan pembangunan' lebih cepat dari kontrak, bahkan tahun ini ditarget bisa 90%, sehingga pada 2017 su'dah bisa digunakan.

Afiadi menjelaskan untuk tahun ini pembangunan yang di'laksanakan baru dipro'gram'kan untuk bangunannya saja.

'Sedangkan untuk lanskap ba'ru bisa kita anggarkan pa'da 2017,' terangnya.

Dia berharap para kontrak'tor' bisa konsisten, sehingga pembangunan yang dilaksa'na'kan 2017 tinggal finishing saja.

Lima proyek multi years itu dikerjakan oleh kontraktor' nasional PT Waskita dan Huta'ma Karya. (B-6)

Berita Terbaru