Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Sawit Mampu Ciptakan Usaha Keripik Emping Melinjo

  • 15 Februari 2016 - 16:41 WIB

Desa Amin Jaya, Kecamatan Pangkalan Banteng, yang dijuluki Desa Kelapa Sawit karena aktivitas warganya 90% berkebun kelapa sawit ternyata mampu menciptakan peluang usaha baru. Emping Melinjo dan emping singkong mampu memberi suntikan ekonomi tambahan untuk warga. 

Padahal, kawasan desa eks transmigrasi ini yang juga diapit beberapa perusahaan kelapa sawit besar pendapatan masyarakatnya tidak serta merta dari hasil sawit saja. Para ibu rumah tangga di RT 11 dan RT 12 membuat kelompok usaha produksi emping.

Warga yang memiliki beberapa pohon melinjo dan tanaman singkong memanfatkan pengolahannya menjadi emping yang bisa menghasilkan penghasilan tambahan. Kelompok usaha bernama Wanita Sri Rezeki itu mempu memproduksi 20-30 kilogram emping dalam sehari. Dengan anggotanya 24 orang, UKM ini menjual hasil produksinya hingga ke Palangkaraya.

"Harganya Rp50 ribu/kg untuk emping melinjo. Untuk emping singkong kami jual Rp30 ribu,' kata Samiasih, anggota kelompok usaha Wanita Sri Rezeki, di Desa Amin Jaya, Senin (15/2/2016).

Kelompok usaha yang diakui Samiasih sudah lima tahun berdiri ini terus mengembangkan sayap dengan memasarkan hasil produksinya ke sejumlah pameran. 

"Kami masukan pemasarannya ke pasar, warung hingga mengikuti pameran di luar kota," akunya.

Dia meminta kepada pemerintah untuk memberikan bantuan berupa alat produksi seperti mesin pengering dan pelatihan untuk meningkatkan hasil produksinya.

"Kami masih menggunakan kemasan yang biasa, kami berharap pemerintah memberdayakan kelompok usaha kami dengan melakukan pembinaan dan bantuan lainnya," kata dia. (CP/m)

Berita Terbaru