Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua DPRD Palangka Raya Ajak Milenial Tunjukan Kontribusi BelaNegara

  • Oleh Hendri
  • 19 Desember 2022 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Setiap 19 Desember diperingati sebagai Hari Bela Negara. Pada tahun 2022 ini merupakan peringatan yang ke 74 tahun dengan mengambil tema 'Bangkit Bela Negaraku, Jaya Indonesiaku'.

Terkait ini, Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto mengajak anak muda atau kalangan milenial menunjukan kontribusinya dalam bela negara. Bukan angkat senjata, tapi melalui karya-karya dan perilaku sehari-hari.

"Zaman sekarang ini Bela Negara itu tidak hanya dilakukan dengan kekuatan fisik dan angkat senjata saja, namun bisa dan harus dilakukan melalui beragam upaya dan profesi yang mencerminkan bagaimana kecintaan kita dan kebanggaan kita atas bangsa ini,” katanya, Senin, 19 Desember 2022.

Dia mengatakan sebagai negara yang mempunyai sejarah kemerdekaan yang panjang, membuat bangsa Indonesia selalu menghargai setiap perjuangan yang telah diberikan oleh para pahlawan.

Hal ini dapat dilihat dari banyaknya hari peringatan yang ditetapkan pemerintah untuk mengingat setiap peristiwa penting dalam proses perebutan kemerdekaan. Bukan hanya itu, berbagai tradisi dan gerakan nasional juga dilakukan sebagai bentuk penghargaan terhadap para pejuang.

Salah satu peristiwa penting yang selalu diperingati oleh bangsa Indonesia adalah peristiwa 19 Desember yang ditetapkan sebagai Hari Bela Negara. 19 Desember 1948, bangsa Indonesia menghadapi situasi genting yang memaksa perpindahan Ibu Kota negara dari Yogyakarta ke Bukit Tinggi dengan membentuk Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI).

"Bela Negara pada saat ini bagi pemuda dan pemudi generasi penerus bangsa, bukan lagi soal gencatan senjata melawan para penjajah. Namun lebih kepada implementasi prinsip dan falsafahnya dalam kehidupan sehari-hari," pungkasnya. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru