Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ratusan Ternak di Gunung Mas Sudah Vaksin PMK hingga Dosis Kedua

  • Oleh Riska Yulyana
  • 23 Desember 2022 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Ratusan ternak sapi milik masyarakat di Gunung Mas sudah diberikan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) hingga dosis kedua.

"Hingga saat ini, dari data yang kami punya, ada 302 ternak warga di Gunung Mas yang sudah kami vaksinasi PMK hingga dosis kedua," ujar Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gunung Mas Letus Guntur melalui Koordinator Bidang Pencegahan dan Penanggulangan pada Satgas Penanganan PMK Gunung Mas, drh. Yuliana Elisabet, Jumat, 23 Desember 2022.

Dia melanjutkan, 302 ternak tersebut tersebar di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Kurun ada 117 ternak, Tewah ada 39 ternak, dan Kecamatan Manuhing ada 146 ternak yang sudah di vaksin PMK hingga dosis kedua.

Sedangkan untuk vaksinasi PMK dosis pertama, sudah ada 399 ternak yang divaksin yang tersebar di empat kecamatan yakni, Kecamatan Kurun ada 122 ternak, Tewah ada 70 ternak, Sepang ada 60 ternak dan Kecamatan Manuhing ada 147 ternak.

Dikatakannya, masih ada kendala yang dialami sehingga membuat masih banyak ternak yang belum di vaksin di Kabupaten Gunung Mas.

"Kendala utama adalah sebagian ternak masyarakat dipelihara secara ekstensif atau dilepasliarkan di padang penggembalaan," ujarnya.

Dia menambahkan, petugas kesulitan saat akan melakukan vaksinasi PMK lantaran mereka sulit menangkap ternak yang dilepasliarkan oleh pemiliknya. Apalagi, rata-rata ternak tidak mempunyai tali keluh dan tidak terbiasa untuk dipegang. (RISKA YULYANA/B-7)

Berita Terbaru