Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinsos Kobar Salurkan Bantuan Permakanan pada Lansia dan Penyandang Disabilitas

  • Oleh Wahyu Krida
  • 29 Desember 2022 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Guna meningkatkan imunitas lansia maupun penyandang disabilitas yang hidup dalam kemiskinan, maka Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) sejak beberapa waktu lalu telah menyalurkan bantuan permakanan untuk para lansia penyandang disabilitas tersebut.

Kepala Dinas Sosial Kobar Moehammad Daoed, Kamis, 29 Desember 2022 menjelaskan bantuan penyediaan permakanan ini sasarannya 30 orang penerima manfaat pada 2 kelurahan yaitu Kelurahan Mendawai dan Kelurahan Raja Kecamatan Arut Selatan, Selasa, 27 Desember 2022.

“Sasaran bantuan permakanan hanya untuk 30 orang lansia dan penyandang disabilitas karena kendala keterbatasan anggaran. Sehingga harapannya agar bantuan permakanan siap saji nantinya akan dapat berkelanjutan dan seluruh lansia dan penyandang disabilitas di Kabupaten Kotawaringin Barat dapat merasakan bantuan permakanan ini secara menyeluruh,” jelasnya.

Bantuan ini untuk menambah asupan gizi sebagai upaya meningkatkan imunitas lansia maupun penyandang disabilitas yang hidup dalam kemiskinan, kesendirian, kondisi sakit menahun menjadi permasalahani yang harus ditangani.

Pekerja Sosial Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Kobar Lukman Fandinata mengatakan, pemberian permakanan siap saji sangat membantu lansia dan penyandang disabilitas yang memiliki hambatan fisik, mental dan sosial, termasuk memberikan dukungan dan pelayanan untuk hidup mandiri. 

"Penerima bantuan adalah warga lanjut usia dan penyandang disabilitas berasal dari keluarga tidak mampu, tidak produktif atau tidak bekerja. Bantuan yang disalurkan adalah permakanan siap saji, pemberian bantuan permakanan siap saji untuk lansia dan penyandang disabilitas. Diberikan sebanyak 3 kali sehari selama 3 hari, karena banyak ditemui lansia itu makanannya tergantung oleh orang sekitarnya. bantuan ini diharapkan dapat meringankan untuk masalah permakanan,” jelasnya.

Lukman menjelaskan tujuan program permakanan siap saji adalah sebagai upaya perlindungan dan jaminan sosial dalam pemenuhan kebutuhan dasar berupa pangan dan nutrisi agar memperoleh kehidupan yang layak.

“Tujuan penyaluran bantuan permakanan ini adalah sebagai upaya pemerintah dalam memberikan perlindungan dan jaminan sosial dalam pemenuhan kebutuhan dasar yaitu pangan dan nutrisi sehingga memperoleh kehidupan yang layak,” jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-11)

Berita Terbaru