Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian serta Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Gunung Mas Diharapkan Lebih Optimal Melaksanakan Tupoksinya

  • Oleh Riska Yulyana
  • 31 Desember 2022 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Anggota DPRD Gunung Mas Dapil III memberikan saran di bidang pertanian, peternakan, perikanan dan ketahanan pangan usai mereka melakukan reses untuk menyerap aspirasi masyarakat. 

"Diharapkan kepada Dinas Pertanian, Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Gunung Mas agar lebih optimal melaksanakan tupoksi sesuai keadaan dan kondisi wilayah struktur tanah, luasan lahan untuk mengembangkan kegiatan-kegiatan sektor pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan di wilayah Dapil III," ujar juru bicara DPRD Gunung Mas dapil III Evandi, Sabtu, 31 Desember 2022.

Hal itu dilakukan untuk mendukung program pemerintah, mengantisipasi kerawanan pangan atau terbatasnya penyediaan sumber kebutuhan pokok dan kebutuhan penunjang lainnya, mengingat di tahun 2023 dampak resesi ekonomi, terjadinya kerawanan pangan yang berdampak kepada bencana kelaparan.

Evandi juga mengatakan perlu upaya antisipasi salah satunya di dapil III cukup banyak terdapat lokasi-lokasi/eks lokasi lahan pertanian yang tidak dikelola/terbengkalai salah satunya di Desa Tumbang Maraya Kecamatan Damang Batu.

Selain itu illegal fishing masih marak dan ini berdampak bagi populasi ikan dan pelestariannya, perlu survey lokasi danau, sungai dan lain-lain untuk pengembangan dan budidaya ke depan. Perlunya tindakan hukum tegas atas illegal fishing. 

"Ke depan diharapkan kepada semua penerima bantuan bibit ternak, bibit ikan, bibit tanaman buah, sayuran dan lain-lain yang diterima baik kelompok maupun masyarakat perorangan atau perkeluarga agar dikelola, ditangani, diawasi, dan perlu adanya pendampingan dari tenaga penyuluh/Dinas terkait," tukasnya. 

Tujuannya agar dalam pengelolaan dan pengembangan kegiatan sektor pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan untuk menuju Desa/Kelurahan, Kecamatan dan Kabupaten dapat menjadi wilayah swasembada pangan dalam beberapa tahun ke depan. (RISKA YULYANA/B-6)

Berita Terbaru