Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sidang Kasus Kontainer Lapak PKL Yos Sudarso, Ini Pledoi Akhmad Gazali

  • Oleh Apriando
  • 06 Januari 2023 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Akhmad Gazali terdakwa dalam perkara korupsi pembuatan kontainer lapak PKL Yos Sudarso Tahun 2017 meminta dibebaskan dari dakwaan Jaksa.

Hal tersebut diungkapkannya dalam pledoi atau nota pembelaan melalui Penasehat Hukumnya Zulhaidir. Dalam Pledoinya ia menilai perbuatan kliennya bukanlah pidana melainkan lebih ke perdata. 

“Itu hanya perjanjian jual beli antara klien kami dengan Muhammad Sidik selaku pemegang kontrak, urusan penawaran itu tidak ada urusan, karena Ghazali ini masuk pada saat Muhammad Sidik sudah dianggap menang,” Ujarnya, Jumat, 6 Januari 2023.

Zulhaidir juga membantah dakwaan Jaksa yang menyebutkan pinjam meminjam. Padahal menurutnya, kliennya melakukan jual beli.

Selain itu, dakwakan Jaksa terkait barang tidak sesuai spek, padahal, Lanjut Zulhaidir, dalam faktanya barang tersebut sudah ada berita penyerahannya, selesai dan diterima oleh penerima barang. "kita minta dibebaskan atau paling tidak dilepaskan dari dakwaan," pungkasnya.

Sebelumnya Gazali dituntut pidana 4 tahun 6 bulan penjara dan denda Rp 100 juta subsider 6 bulan penjara. Selain itu, Gazali juga dituntut untuk membayar Uang Pengganti (UP) senilai Rp 1.286.127.300 subsidair 2 tahun 3 bulan penjara.

Tiga orang terjerat dalam perkara kasus korupsi pekerjaan pembuatan kontainer lapak PKL Yos Sudarso Ujung pada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah Tahun Anggaran 2017.

Ketiga terdakwa disidangkan dengan berkas perkara terpisah. Sonata Firdaus Eka Putra selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA). Akhmad Gazali selaku pihak yang melaksanakan pekerjaan PT. Iyhamulik Bengkang Turan untuk paket pekerjaan pembuatan kontainer lapak PKL Yos Sudarso. Yoneli Bungai selaku Kuasa Bendahara Umum Daerah Kota Palangka Raya Tahun 2017. (APRIANDO/J)

Berita Terbaru