Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Kontribusi Warga Binaan Lapas Kelas IIB Pangkalan Bun Terhadap Pembangunan Negara

  • Oleh Wahyu Krida
  • 09 Januari 2023 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Meski harus menjalani hukuman sesuai vonis pengadilan akibat kesalahan yang dilakukan, bukan berarti narapidana tidak bisa berkontribusi terhadap pembangunan negara.

Seperti yang dilakukan oleh narapidana atau yang biasa disebut warga binaan di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Kepala Lapas Kelas II B Pangkalan Bun, Doni Handriansyah pada Senin, 9 Januari 2023 menjelaskan, warga binaan di tempatnya juga bisa memberi kontribusi pada Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) melalui wirausaha mandiri yang digeluti selama menjalani masa hukuman.

"Dalam Program Pengelolaan Pembinaan Kemandirian yang dilakukan warga binaan LP Kelas IIB Pangkalan Bun Tahun 2022, bisa menyumbang PNBP sebanyak 122,3%," jelas Doni Handriansyah.

Menurut Doni Handriansyah, dari usaha mandiri warga binaan yaitu kebun hidroponik, meubleair, potong rambut, membuat kue dan menjahit, berhasil disetor PNBP untuk negara sebesar Rp 22.000.000.

"Jumlah tersebut  dan mampu melampaui target PNBP yang ditetapkan sebesar Rp17.990.000. Pelatihan usaha mandiri ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan LP Kelas IIB Pangkalan Bun agar warga binaan dapat mandiri dengan bekerja pada orang lain atau membuka usaha sendiri. Sehingga mereka dapat berguna di tengah- tengah masyarakat," jelas Doni Handriansyah.

Doni Handriansyah menambahkan, lewat pembekalan di berbagai bidang usaha tersebut, para WBP juga diharapkan dapat produktif menghasilkan karya atau jasa yang bernilai jual. Kegiatan pembinaan kemandirian yang banyak ini terwujud dengan dukungan dari banyak pihak. 

"Dalam prakteknya, Lapas Kelas IIB Pangkalan Bun menggandeng Dinas TPHP Kobar, BLK Kobar, dan Dinas Perikanan Kobar. Pastinya bantuan dari instansi di lingkungan Pemkab Kobar tersebut sangat berguna untuk memberikan keterampilan usaha yang bisa dimanfaatkan warga binaan nantinya selepas menjalani hukuman, sehingga bisa menjalani hidup normal dan berkontribusi positif bagi pembangunan,"  demikian Doni Handriansyah menyampaikan. (WAHYU KRIDA/Y)

Berita Terbaru