Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Aparatur Desa di Barito Utara Ikuti Bimtek Bidang Pengelolaan Keuangan Desa dan Aset Desa

  • Oleh Ramadani
  • 09 Januari 2023 - 22:10 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos PMD) melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek), dalam rangka peningkatan kapasitas aparatur desa dalam pengelolaan keuangan desa dan aset desa berbasis Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) dan Sistem Pengelolaan Aset Desa (Sipades), di gedung pertemuan STIE Muara Teweh, Senin 9 Januari 2023.

Wakil Bupati Sugianto Panala Putra mengatakan, kewenangan dan tanggungjawab pemerintah desa yang semakin berat dapat dilihat dari semakin banyaknya anggaran keuangan yang harus dikelola oleh pemerintah desa.

Baik itu anggaran yang bersumber dari pemerintah pusat dalam bentuk Dana Desa (DD) maupun dari pemerintah daerah berupa Alokasi Dana Desa (ADD), yang mana dalam penatalaksanaannya saat ini berbasis aplikasi sesuai dengan tuntutan kemajuan dan perkembangan teknologi terintegrasi.

“Ini dilakukan agar dapat terukur dan terlaksana secara optimal sesuai ketentuan, juklak dan juknisnya, dalam upaya tujuan pembangunan berkelanjutan. Aplikasi Siskeudes yang selalu update setiap tahunnya dengan versi terbaru tentu saja harus dapat kita pahami dan laksanakan dengan baik,” kata Sugianto.

Dengan penertiban pelaporan aset desa melalui aplikasi Sipades yang saat ini dinilai masih belum optimal dilakukan oleh desa harus terus ditingkatkan. Karena pelaporan aset desa ini merupakan salah satu indikator penilaian tata kelola keuangan desa dalam Aplikasi MCP (Monitoring Center of Prevention) milik KPK.

“Untuk itu pelaksanaan Bimtek ini sangat penting terkait penggunaan aplikasi Siskeudes dan Sipades. Dalam upaya meningkatkan SDM dan pemahaman aparatur desa dalam pengelolaan informasi keuangan desa dan menertibkan pelaporan aset desa,” ucap Sugianto.

Wabup juga mengharapkan dengan dilaksanakannya bimtek ini, disamping meningkatkan kapasitas aparatur Pemdes, juga dapat mendukung terwujudnya pelaksanaan clean and good government. Khususnya di lingkungan pemerintahan desa dan di Kabupaten Barito Utara pada umumnya.

“Mengingat pentingnya materi yang disampaikan, saya tegaskan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius, tekun, dan tertib. Jangan sia-siakan kesempatan baik ini demi kemajuan pembangunan desa yang kita cintai bersama,” tegas Wabup.(RAMADHANI/H)

Berita Terbaru