Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peringatan Dini Cuaca Barito Timur 12-14 Januari 2023

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 11 Januari 2023 - 12:51 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Badan Meteorologi,  Klimatologi dan Geofisika atau BMKG melalui Stasiun Meteorologi Kelas IV Sanggu kembali merilis peringatan dini cuaca di Kabupaten Barito Timur 11-14 Januari 2023.

Peringatan dini ini berkaitan dengan potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang di setiap kecamatan di Barito Timur.

Kepala Stasiun Meteorologi Sanggu Nur Setiawan memaparkan, pada tanggal 12 Januari hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang berpotensi terjadi di Kecamatan Pematang Karau, Raren Batuah, Dusun Tengah, Paju Epat, Awang, Patangkep Tutui, Benua Lima dan Kecamatan Dusun Timur.

Selanjutnya pada13 Januari berpotensi terjadi di Kecamatan Benua Lima, Dusun Timur, Karusen Janang, Paju Epat, Patangkep Tutui, Pematang Karau, Raren Batuah, Dusun Tengah.

"Sedangkan pada 14 Januari potensi hujan hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang hanya berpotensi terjadi di Kecamatan Raren Batuah," jelasnya.

Meski telah merilis prakiraan cuaca, dia mengingatkan masyarakat Barito Timur agar tetap waspada dengan kondisi dinamis atmosfer harian yang fluktuatif selama puncak musim hujan Januari dan Februari.

"Kami juga mengimbau agar masyarakat mewaspadai dampak bencana akibat intensitas hujan tinggi seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, kilat dan petir dan pohon tumbang," pesannya.

Sementara itu BPBD Damkar Barito Timur terus menyampaikan prakiraan cuaca harian kepada masyarakat terutama di wilayah yang rawan banjir.

"Bidang kesiapsiagaan selalu memberikan informasi-informasi secara berjenjang kepada masyarakat melalui kepala desa atau camat terkait potensi-potensi hujan disertai dengan cuaca buruk lainnya," ujar Kepala Pelaksana BPBD Damkar Barito Timur, Ahmad Gazali.

Informasi yang disampaikan tersebut lanjut dia merupakan bagian dari upaya mitigasi bencana banjir sehingga masyarakat lebih siap saat terjadi banjir serta untuk menghindari kerugian materi maupun korban jiwa. (BOLE MALO/R)

Berita Terbaru