Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DSPMD Barito Selatan Lakukan Pemutakhiran DTKS

  • Oleh Uriutu
  • 11 Januari 2023 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Pemkab Barito Selatan melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa atau DSPMD melakukan pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS.

“Pemutakhiran tersebut dalam upaya pembenahan DTKS, karena data yang ada merupakan data tahun 2015 lalu,” kata Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin pada DSPMD Barsel, Rudianto, Rabu, 11 Januari 2023.

Ia mengatakan pemutakhiran data ini sangat penting dilakukan agar datanya bisa lebih akurat, sehingga dalam penyaluran bantuan sosial yang dicanangkan pemerintah pusat, provinsi maupun daerah lebih akurat dan tepat sasaran.

Pemutakhiran DTKS ini juga, sambung dia, merupakan tindak lanjut dari arahan Pj Bupati Barsel dalam berbagai kesempatan yang meminta semua lini bergerak cepat, tepat dan akurat dalam melayani masyarakat terutama dalam penyaluran bansos.

“Pemutakhiran DTKS yang sedang kita laksanakan ini merupakan tindak lanjut dari arahan penjabat Bupati Barito Selatan,” jelas dia.

Menurutnya untuk pemutakhiran data mulai dilaksanakan sejak akhir 2022 lalu dan saat ini, pihaknya sedang melakukan pemutakhiran data tersebut di wilayah Kecamatan Dusun Selatan.

Pemutakhiran akan terus dilanjutkan ke kecamatan lainnya di Barito Selatan.

“DTKS ini merupakan data 40 persen penduduk klaster terendah di suatu daerah atau wilayah yang menjadi penerima bantuan sosial dari sejumlah program, baik yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) maupun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) provinsi dan kabupaten,” beber dia.

Ia menyampaikan dalam pemutakhiran ini pihaknya melakukan penyisiran terhadap data yang sudah tidak relevan lagi dalam DTKS tersebut seperti yang sudah meninggal dunia, berpindah domisili dan lainnya.

“Penyisiran data itu kita lakukan bersama Lurah, Kepala Desa dan Rukun Tetangga (RT). Hingga saat ini pemutakhiran sudah dilaksanakan pada 11 desa dan dua kelurahan di Kecamatan Dusun Selatan dan kedepan akan dilanjutkan ke kecamatan lainnya,” kata dia.

Berita Terbaru