Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Curah Hujan Menurun Sebabkan DAS Katingan Surut

  • Oleh Abdul Gofur
  • 16 Januari 2023 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Daerah aliran sungai atau DAS Katingan di Kabupaten Katingan sejak beberapa hari terakhir surut akibat curah hujan yang cenderung menurun.

Dari pantauan borneonews.co.id, Senin, 16 Januari 2023, DAS Katingan di sekitar Jembatan Sei Katingan tampak surut dibanding sebelumnya.

Sejumlah warga sekitar mengaku penurunan DAS Katingan di wilayah ini hingga mencapai lebih dua meter dibanding kondisi normal.

Selain di wilayah Kasongan, Kecamatan Katingan Hilir, DAS Katingan juga menyurut di sejumlah wilayah kecamatan lainnya terutama yang dialiri DAS Katingan mulai dari wilayah hulu atau Utara hingga ke hilir atau Selatan. 

Yakni Kecamatan Bukit Raya,  Katingan Hulu,  Marikit,  dan Katingan Tengah. Kemudian Pulau Malan,  Tewang Sanggalang Garing,  Katingan Hilir, Tasik Payawan hingga Kecamatan Kamipang. 

Menyurutnya DAS Katingan ini membuat sejumlah warga Katingan panen ikan sungai,  terutama di wilayah Katingan Hilir, Tasik Payawan dan Kamipang.

"Memang sejak awal bulan Januari 2023 hingga sekarang wilayah Katingan termasuk Kota Kasongan sangat jarang diguyur hujan,  yang ada hampir setiap hari cuaca panas sehingga Sungai Katingan dan anak sungai lainnya surut, "  kata Yulianto,  warga Kasongan. 

Ia mengaku jika dalam beberapa hari ke depan hujan tidak lagi turun,  tidak menutup kemungkinan bakal terjadi kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla. (ABDUL GOFUR/R)

Berita Terbaru