Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Prakiraan Cuaca Barito Timur 18-20 Januari 2023, BMKG Ingatkan Potensi Karhutla

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 17 Januari 2023 - 16:21 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG melalui Stasiun Meteorologi Kelas IV Sanggu merilis prakiraan cuaca Kabupaten Barito Timur untuk 18-20 Januari 2023.

Kepada Stasiun Meteorologi Sanggu Nur Setiawan dalam rilis tersebut mengatakan, secara umum wilayah Barito Timur pada 18 Januari diprediksi hujan ringan hingga sedang. Sedangkan tanggal 19 dan 20 Januari diprediksi berawan hingga hujan ringan.

"Wilayah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang pada tanggal 18 Januari yaitu Kecamatan Pematang Karau, Raren Batuah, Dusun Tengah, Karusen Janang, Patangkep Tutui, Benua Lima dan Kecamatan Dusun Timur," ungkapnya, Selasa, 17 Januari 2023.

Selanjutnya pada tanggal 19 Januari kondisi cuaca yang sama berpotensi terjadi di Kecamatan Pematang Karau, Dusun Tengah, Paku, Karusen Janang, Benua Lima dan Kecamatan Dusun Timur.

"Pada tanggal 20 Januari potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang ada di Kecamatan Benua Lima dan Dusun Timur," imbuh Nur Setiawan.

Dia juga mengingatkan risiko kebakaran hutan dan lahan yang berpotensi terjadi seperti di Desa Jihi Kecamatan Pematang Karau pada hari Senin kemarin.

Menurutnya, peta prakiraan curah hujan sebulan ke depan yang dimulai pada dasarian III Januari hingga Dasarian II Februari atau tanggal 21 Januari hingga 20 Februari, curah hujan di Barito Timur diprediksi pada kategori menengah yaitu berkisar pada 50-100 mm/hari.

Kondisi tersebut dapat membuat munculnya titik panas dan terjadi kebakaran hutan dan lahan. "Pada periode ini masyarakat Barito Timur perlu mewaspadai kondisi lingkungan yang lebih kering yang dapat menimbulkan munculnya titik panas dan karhutla," ujar Nur Setiawan. (BOLE MALO.R)

Berita Terbaru