Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Setelah Tiga Tahun, Masyarakat Palangka Raya Kembali Bisa Saksikan Atraksi Barongsai

  • Oleh Testi Priscilla
  • 22 Januari 2023 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Umat Konghucu di Kota Cantik Palangka Raya kembali dapat merayakan Tahun Baru Imlek atau Chinese New Year dengan lumayan meriah tahun ini, Sabtu malam, 21 Januari 2022.

Seperti yang tampak di Vihara Avalokitesvara Palangka Raya tadi malam, umat Konghucu tidak hanya melakukan Puja Bakti atau ibadah tetapi juga menyiapkan atraksi barongsai yang bisa disaksikan oleh masyarakat luas.

"Memang tahun ini ada sedikit kemeriahan, tidak seperti beberapa tahun belakangan, tahun ini kami hadirkan kembali atraksi barongsai," kata Ketua Majelis Buddhayana Indonesia atau MBI Kota Palangka Raya, Sulistio atau Koh Aphin.

Sementara tahun lalu, katanya, perayaan tahun baru Imlek dirayakan dengan sederhana, sesuai anjuran pemerintah terkait protokol kesehatan Covid-19, atraksi seperti barongsai maupun pelepasan lampion ditiadakan di Vihara terbesar dan tertua di Palangka Raya tersebut.

Selain masyarakat luas yang datang untuk menyaksikan pertunjukan barongsai, warga keturunan Tionghoa juga antusias datang untuk beribadah dan menunggu malam pergantian tahun baru Imlek.

"Perayaan kali ini kita kembali menggelar pertunjukan Barongsai untuk memeriahkan peringatan Imlek 2023. Apalagi tahun ini pemerintah sudah memberi keleluasaan untuk melaksanakan keramaian, jadi tahun ini kami mengadakan pertunjukan Barongsai kembali," kata Koh Aphin lagi.

Bahkan, pertunjukan barongsai dilakukan sebanyak dua kali, tidak hanya satu kali. Sekitar pukul 9 malam pertunjukan barongsai ditampilkan dan disambut antusias oleh warga kemudian dijeda dengan sembahyang malam pergantian tahun kemudian pertunjukan barongsai dilakukan kembali hingga malam pergantian tahun. (TESTI PRISCILLA/J)

Berita Terbaru