Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kodim 1011 Kuala Kapuas Persiapkan Lahan Demplot Budidaya Cabe

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 26 Januari 2023 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kodim 1011 Kuala Kapuas dalam melaksanakan program ketahanan pangan selain tanaman jagung, kali ini mempersiapkan lahan seluas 0,5 hektar lebih untuk menanam cabe merah di Asrama Swakarya, Kecamatan Selat.

Dandim 1011 Kuala Kapuas, Letkol Inf Khusnun Dwi Putranto mengatakan penyiapan lahan bertujuan untuk mempersiapkan lahan penanaman cabe merah, program ini juga merupakan dari pemerintah tentang ketahanan pangan.

"Bertujuan untuk melatih warga agar memiliki ketrampilan, sehingga bisa memanfaatkan lahan sekitar sebagai sumber pangan yang dapat dijual ataupun dikonsumsi secara pribadi," kata Dandim, Kamis, 26 Januari 2023.

Dalam penyiapan lahan budidaya cabe merah, pertama kali yang harus dilakukan adalah memilih lahan yang gembur dan memiliki prioritas yang baik seperti sumber air. 

"Untuk memperoleh lahan yang gembur sebaiknya sebelum ditanami bibit cabe sebaiknya lahan dibajak, dibersihkan dari tunggul/tonggak kayu dan sisa-sisa akar tanaman sebelumnya, karena apabila terlalu banyak gulma dapat menganggu pertumbuhan tanaman cabe," jelasnya.

Ia mengharapkan, dengan adanya kegiatan ini dapat mendukung ketahanan pangan di daerah, dan dapat memanfaatkan lahan dengan optimal. (DODI RIZKIANSYAH/H)

Berita Terbaru