Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Deteksi Dini Jadi Hal Utama Cegah Konflik Sosial

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 27 Januari 2023 - 15:41 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Bupati Lamandau Hendra Lesmana mengajak seluruh elemen masyarakat untuk turut mendeteksi secara dini, guna mencegah terjadinya konflik sosial di wilayah setempat. Terlebih menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dan di tengah terjadinya inflasi.

“Itu perlu kita antisipasi secara bersama-sama, sebelum terjadi konflik sosial di wilayah kita,” kata Hendra, di Nanga Bulik, Jumat, 27 Januari 2023.

Perkembangan teknologi informasi membawa perubahan sosial di masyarakat Kabupaten Lamandau. Tentunya perubahan yang diharap adalah perubahan yang positif, seperti kemudahan menyampaikan informasi.

Menurutnya, hal yang harus dihindari adalah perubahan sosial yang berdampak negatif, dengan munculnya kelompok sosial yang mengatasnamakan suku dan agama, menggunakan medsos sebagai sarana provokasi, penyebaran hoaks, dan lainnya.

Hal itu yang tentunya perlu menjadi perhatian bagi seluruh pihak di Kabupaten Lamandau. Diharapkan semua pihak memiliki kesamaan persepsi, dalam meningkatkan kualitas pembangunan sumber daya manusia, untuk menghadapi tantangan tersebut.

“Saya berharap seluruh pihak menyatukan pemahaman dan persepsi, agar ke depan secara bersama sama dapat memelihara dan meningkatkan keharmonisan masyarakat,” ajak Bupati.

Terpisah, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Lamandau, Charles Rakam Mamud mengatakan, pihaknya terus bersinergi dengan berbagai pihak untuk memelihara dan meningkatkan keharmonisan masyarakat, dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kami juga telah membentuk tim terpadu penanganan konflik sosial yang terdiri dari, camat dan organisasi masyarakat,” pungkasnya. (HENDI NURFALAH/H)

Berita Terbaru