Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

P3DN Dorong Ekonomi Berkelanjutan dan Ciptakan Penyerapan Tenaga Kerja

  • Oleh Ramadani
  • 31 Januari 2023 - 22:11 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra mengatakan tujuan dari program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) antara lain dapat mendorong ekonomi berkelanjutan dan juga dapat menciptakan penyerapan tenaga kerja.

Hal ini disampaikan Sugianto Panala Putra saat menyampaikan sambutan Bupati Barito Utara pada kegiatan sosialisasi P3DN di gedung Balai Antang Muara Teweh, Selasa 31 Januari 2023.

Selain itu penerapan program P3DN sejatinya juga bisa menjadi sebuah peluang bagi para pelaku usaha lokal untuk dapat dimasukkan ke dalam e-katalog.

“Karena program P3DN ini merupakan hal yang harus diterapkan dalam pengadaan barang/jasa pemerintah daerah,” terang Sugianto Panala Putra.

Program P3DN merupakan upaya pemerintah untuk mendorong masyarakat agar lebih menggunakan produk dalam negeri dibandingkan produk impor salah satu bentuknya adalah mewajibkan instansi pemerintah untuk memaksimalkan penggunaan hasil produksi dalam negeri dalam kegiatan pengadaan barang/jasa yang dibiayai APBD/APBN.

Menurut data perdagangan nasional, belanja perangkat-perangkat teknologi informasi di indonesia per harinya mencapai Rp 8 triliun, maka dapat dibayangkan apabila nilai tersebut di belanjakan produk dalam negeri.

Dampaknya akan luar biasa terhadap perkembangan dunia industri yang akan dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja serta akan meningkatkan pula kesejahteraan masyarakat indonesia.

“Mengingat pentingnya penerapan P3DN ini pada belanja barang/jasa pemerintah maka saya minta agar peserta sosialisasi hari ini dapat mengikuti sosialisasi dengan serius,” kata Wabup mengakhiri sambutan bupati. (RAMADHANI/R)


TAGS:

Berita Terbaru