Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Katingan Sharing Informasi dengan DPRD Kalteng terkait Sektor Kesehatan

  • Oleh Donny Damara
  • 01 Februari 2023 - 18:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - DPRD Katingan melaksanakan kunjungan kerja ke DPRD Kalteng dalam rangka sharing informasi terkait sektor kesehatan, belum lama ini.

Ketua Komisi I DPRD Katingan Tony Seta mengatakan, pihaknya ingin nendapatkan informasi terkait penanganan kesehatan melalui dana alokasi khusus (DAK) untuk rumah sakit, puskesmas dan lainya.

"Katingan masih membutuhkan peningkatan sarana dan prasarana peralatan dan SDM baik di rumah sakit maupun puskesmas di kecamatan," ujarnya pada waktu itu.

Baik rumah sakit maupun puskesmas di Katingan saat ini membutuhkan dokter umum dan spesialis maupun perawat yang memadai.

Saat dikonfirmasi terkait pertemuan waktu itu, ketua Komisi III DPRD Kalteng Siti Nafsiah menjelaskan bahwa berkenaan dengan anggaran kesehatan melalui DAK tahun 2023 cukup besar.

"Kucuran dari pusat melalui DAK tujuan sudah jelas yakni untuk mendanai program layanan publik sektor kesehatan di mana penggunaannya sudah di tetapkan oleh pusat," katanya, Rabu, 1 Februari 2023.

Srikandi Partai Golkar ini mengungkapkan bahwa dari pemerintah pusat ada tiga bentuk bantuan yang diberikan yakni ada DAK Fisik, Non Fisik dan Hibah untuk daerah.

"Tahun 2023 ini DAK Fisik yakni sebesar Rp. 320 miliar lebih, DAK Non Fisik Rp. 347 miliar. Untuk bidang kesehatan utamanya RSUD Dori Sylvanus, Rp.91 miliar lebih," ungkapnya.

Selain itu, disampaikannya juga pemerintah daerah termasuk kabupaten harus mempersiap SDM baru dana bantuan itu bisa di kucurkan oleh pusat pusat melalui DAK.

"Untuk Dinas Kesehatan juga cukup besar perhatian pemerintah melalui dana bantuan operasionak kesehatan untuk Dinas Pendidikan melalui dana BOS. saya kira itu yang kami sampaikan waktu itu, semoga tahun 2023 ini sektor kesehatan perhatiannya bisa merata begitu juga dengan sektor pendidikan," imbuhnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru