Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cara Kepala Pelaksana BPBD Katingan Antisipasi Banjir

  • Oleh Abdul Gofur
  • 02 Februari 2023 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kepala Pelaksana  Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan, Markus mengingatkan kepada masyarakat di daerahnya agar berhati-hati seiring curah hujan tinggi saat ini.

Pasalnya, jika curah hujan bakal terus meninggi, tidak menutup kemungkinan Kabupaten Katingan bakal kembali dilanda banjir akibat luapan Sungai Katingan.

Guna mengantisipasi agar bencana banjir tidak separah di tahun 2021 atau bahkan tidak terjadi lagi, Markus mengatakan jika dirinya memiliki sejumlah ide untuk diterapkan di masyarakat.

"Untuk mengantisipasi bencana banjir tersebut masyarakat diharapkan selalu menjaga kebersihan agar tidak membuang sampah sembarangan, dan tidak melakukan penebangan pohon agar hutan tidak menjadi gundul," kata Kepala Pelaksana  Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Katingan, Markus, Kamis, 2 Februari 2023.

Jika hal itu dilakukan maka diharapkan bencana banjir tidak terjadi lagi di Katingan. "Kalau hal itu dilaksanakan kita akan terbebas dari banjir," jelasnya.

Markus mengaku dalam sepekan terakhir hujan lebat disertai angin kencang terus terjadi di Katingan termasuk Kasongan.

Jika tidak malam hari, hujan lebat tersebut juga terjadi pagi ataupun sore hingga malam.

"Saya mengimbau kepada masyarakat terutama yang memiliki anak kecil belum bisa berenang  untuk dijaga apabila debit air Sungai Katingan terus bertambah atau terjadi banjir," imbuh Kepala Pelaksana BOBD Katingan, Markus. (ABDUL GOFUR/J)

Berita Terbaru