Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Kapuas Beri Penghargaan 3 Puskesmas Kinerja Terbaik

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 03 Februari 2023 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Kesehatan atau Dinkes Kabupaten Kapuas memberikan penghargaan kepada 3 puskesmas berkinerja terbaik di tahun 2022.

Ketiga puskesmas itu adalah Puskesmas Melati untuk kategori puskesmas perkotaan, Puskesmas Tamban baru untuk kategori puskesmas pedesaan dan Puskesmas Sei Hanyo untuk kategori puskesmas terpencil/sangat terpencil.

Penghargaan diserahkan Asisten II Setda Kapuas Salman didampingi Plt Kepala Dinkes Kapuas dr Tonun Irawaty Panjaitan disela kegiatan Rapat kerja teknis bidang kesehatan Dinkes Kapuas.

"Ketiga puskesmas meraih penghargaan kinerja terbaik itu dengan kriteria pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM), realisasi keuangan, laporan tepat waktu dan lengkap," kata dr Tonun, Jumat, 3 Februari 2023.

Selain itu, ia menjelaskan rapat kerja teknis ini juga berkenaan dengan Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah menyebutkan bahwa kesehatan adalah satu dari enam urusan concurrent (bersama) yang bersifat wajib dan terkait dengan pelayanan kesehatan dasar yang dapat diukur SPM.

Sehubungan dengan upaya pencapaian SPM bidang kesehatan, Dinkes beserta puskesmas dengan jaringannya telah melakukan langkah-langkah terobosan melalui penyelenggaraan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perorangan, dan target SPM ini harus dicapai 100 persen.

"Untuk itulah Dinkes menyelenggarakan kegiatan Rakernis ini sebagai upaya untuk melakukan evaluasi kinerja dan capaian sebagai bahan menyusun langkah-langkah strategis ke depan, sehingga tahun 2023 ini target-target kerja bisa tercapai," ucapnya.

Namun, lanjut dia program-program tidak hanya terfokus pada pencapain SPM saja tetapi masih banyak program lain yang tidak kalah pentingnya seperti kasus balita stunting, imunisasi, vaksinasi covid-19, peningkatan mutu fanyankes melalui akreditasi, termasuk juga pelayanan kesehatan lanjutan ke RSUD.

Adapun dalam rapat kerja tersebut diikuti Kegiatan ini diikuti perwakilan 26 Puskesmas yang terdiri dari kepala puskesmas, Pj Program UKM, PJ Program UKP, Labkesda, Gudang Farmasi Kesehatan dan RSUD Kapuas. (DODI RIZKIANSYAH/H)

Berita Terbaru