Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polres Sukamara Terus Dorong Pemda Lakukan Persiapan Lebih Awal Penanggulangan Karhutla

  • Oleh Norhasanah
  • 04 Februari 2023 - 00:21 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Polres Sukamara terus dorong pemerintah daerah untuk melakukan persiapan lebih awal dalam upaya penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Bumi Gawi Barinjam.

"Kita lakukan perencanaan antisipasi lebih awal walaupun sekarang masih musim hujan, tetapi kita tetap harus siap secara operasional," kata Kapolres Sukamara, AKBD Dewa Made Palguna, Jumat, 3 Februari 2023.

"Secara operasional ini maksutnya adalah siap sumber daya manusia, siap logistik dan siap penganggaran. Jadi tidak serta merta, ujuk-ujuk nantinya pada bingung dilapangan saat situasi yang kita hadapi adalah emergency," jelasnya.

Sehingga pihaknya terus mendorong pemerintah daerah untuk melakukan koordinasi lebih awal bersama stakeholder terkait dengan pihak swasta yang memiliki logistik dan personil yang sudah terlatih.

"Jadi kami mendorong pemerintah daerah untuk melakukan koordinasi ini lebih awal," ucapnya. Dewa berharap dengan akan dilaksanakannya simulasi nantinya dapat dijadikan sebagai wahana pembelajaran bagi para stakeholder dan satker dalam penguatan sumber daya manusianya, termasuk kegunaan sarana prasarana terhadap penanganan karhutla.

"Kemudian tantangan-tantangan yang secara geografis lokasi kebakaran, jadi ini kami rancang nanti dengan rapat lanjutan dengan stakeholder terkait," pungkasnya. (NORHASANAH/R)

Berita Terbaru