Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Kalteng: Pelatihan LPPD Tak Hanya Penting Bagi Tim Penyusun

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 06 Februari 2023 - 21:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekertaris Daerah (Sekda) Kalimantan Tengah (Kalteng) menyampaikan pentingnya Pelatihan Penyusunan dan Reviu Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD).

"Pelatihan yang dimulai hari ini merupakan salah satu kegiatan yang penting diikuti, bukan hanya oleh Tim Penyusun LPPD tetapi juga oleh setiap perangkat daerah," ungkapnya saat mengikuti kegiatan secara daring dari ruang Bajakah 2, Senin, 6 Februari 2023.

Nuryakin mengingatkan dokumen LPPD disusun oleh Tim Penyusun yang dibentuk dan ditetapkan oleh Pimpinan Daerah dengan sumber data dan informasi dari setiap Perangkat Daerah.

Ia menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan kegiatan pelatihan penyusunan LPPD di lingkungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se Kalteng Tahun 2023.

"Diharapkan dapat meningkatkan pemahaman tentang penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah yang dituangkan dalan rancangan LPPD," tuturnya.

Adapun pemerintahan yang baik (good governance) diyakini dapat diwujudkan dalam sistem pemerintahan yang merefleksikan tatanan hukum yang responsif sesuai dengan kehendak masyarakat.

Salah satu asas pemerintahan yang baik adalah asas pertanggungjawaban atau akuntabilitas. Sehingga pendalaman pemahaman terhadap sistematika penyusunan LPPD sangat diperlukan.

Terutama sekali pemahaman dan persamaan persepsi terhadap masing-masing IKK dari setiap urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan pemerintah daerah yang dilaksanakan oleh masing-masing perangkat daerah. (HERMAWAN DP/H) 

Berita Terbaru