Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Usia Padi 2 Bulan Belum Dipupuk, Petani di Ampah Mengeluh tak Kebagian Pupuk Subsidi

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 08 Februari 2023 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Warga RT 28 Talohen Hulu Kelurahan Ampah Kota, Kabupaten Barito Timur bernama Yusran (25) mengeluh belum bisa mendapatkan pupuk bersubsidi, sedangkan padi jenis Ampari yang ditanamnya sudah berusia 2 bulan.

"Kami di Ampah dan sekitarnya dapat pupuk (bersubsidi), ada sebagian yang dapat ada juga yang tidak," ungkapnya kepada Borneonews, Rabu, 8 Februari 2023.

Menurut Yusran, pada tahun-tahun sebelumnya, dia lancar mendapatkan pupuk bersubsidi meski tidak memiliki Kartu Tani yang umumnya menjadi syarat dapat membeli pupuk bersubsidi.

"Begini, kami sudah koordinasi dengan ketua kelompok tani tapi sampai sekarang belum ada informasi. Ya sebagian ada yang dapat, sebagian lagi disuruh nunggu giliran," ungkapnya.

Akibat belum diberi pupuk, Yusran mengaku, padi pada sawah seluas 21 borongan yang kini memasuki masa generatif itu jadi tidak bisa beranak, sehingga kelak akan berdampak pada penurunan hasil panen bahkan berpotensi gagal panen.

"Padahal kami di sini bisa dua kali tanam dalam setahun, tapi kalau sulit dapat pupuk subsidi seperti ini jadi percuma kami tanam, kalau beli pupuk non subsidi kami rugi karena jauh lebih mahal," katanya.

Yusran berharap, pemerintah daerah melalui dinas terkait dan penyuluh pertanian dapat membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi petani karena tidak semua petani memahami prosedur agar dapat membeli pupuk bersubsidi. (BOLE MALO/Y) 

Berita Terbaru