Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Klaim Lakukan 3 Langkah Sukses Tangani Pandemi

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 10 Februari 2023 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Indonesia termasuk dari satu negara yang berhasil dan sukses menangani dan mengendalikan penyebaran Covid-19 sejak 2020 lalu.

Terdapat sejumlah langkah yang diambil pemerintah Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19. Langkah pertama yang diambil pemerintah adalah melakukan manajemen makro dan mikro secara efektif sehingga semua pihak ikut serta menangani pandemi Covid-19.

Langkah kedua adalah melakukan sinergi dan kolaborasi yang baik antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, hingga TNI dan Polri. Hal tersebut dapat terlihat dari jumlah vaksin Covid-19 yang telah disuntikkan kepada masyarakat yang sudah mencapai lebih dari 400 juta suntikan.

“Itu semuanya bisa kita lakukan dan kita melihat TNI dan Polri betul-betul bekerja melampaui tugas intinya. Ke kampung-kampung mengajak rakyat untuk mau divaksin, bukan pekerjaan yang mudah,” kata Presiden Joko Widodo melalui siaran persnya.

Langkah ketiga yang diambil pemerintah adalah melakukan manajemen “gas dan rem” dalam rangka menyeimbangkan kesehatan dan perekonomian nasional. Presiden menyebut langkah tersebut bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan.

“Begitu hitungan salah sedikit, ekonomi akan jatuh. Tetapi begitu gasnya terlalu kencang juga pandeminya bisa naik. Itulah yang kita lakukan menjaga keseimbangan antara kesehatan dan ekonomi yang semuanya menekan manajemen negara, tidak mudah,” pungkasnya.

Berdasarkan data yang dirilis Satgas Penanganan Covid-19 Kalteng, Jumat 10 Februari 2023 kasus konfirmasi Covid-19, pasien sembuh, dan jumlah pasien meninggal dunia tidak mengalami penambahan.

Secara kumulatif, total kasus konfirmasi covid-19 berjumlah 60.432 kasus, pasien sembuh 58.678 orang, dan pasien meninggal dunia 1.739 orang.

Kasus aktif yang dirawat dirumah sakit ada 8 orang dan yang isolasi mandiri ada 7 orang. Jika berdasarkan persentase, maka persentase kesembuhan 97,10 persen, dalam perawatan 0,02 persen, dan meninggal 2,88 persen. (HERMAWAN DP/J)

Berita Terbaru