Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembangunan Infrastruktur Pendidikan di Kotim Perlu Perhatian

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 11 Februari 2023 - 07:01 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kotawaribgin Timur Sihol Parningotan Lumban Gaol mengatakan, pembangunan infrastruktur pendidikan di wilayah ini perlu mendapat perhatian lebih. 

"Masih banyak anak-anak yang mau sekolah, namun ketersediaan ruang belajar di sekolah-sekolah yang sudah overkapasitas," ujarnya, Sabtu, 11 Februari 2023.

Salah satu contoh yang menjadi perhatiannya ialah Sekolah Dasar (SD) di wilayah dapilnya Kecamatan Mentawa Baru Ketapang.

Yakni di SDN 7 Ketapang, yang berada di Sawit Raya memiliki 12 rombongan belajar, namun hanya tersedia 7 kelas saja saat ini. Sehingga peserta didik harus bergantian demi kelancaran proses belajar mengajar.

Tentunya kondisi itu perlu pembangunan SD di wilayah tersebut, agar masalah overkapasitas sekolah teratasi dan kegiatan belajar mengajar berjalan lancar.

Tidak hanya itu, masalah zonasi dalam penerimaan siswa baru juga menjadi sorotannya.  Sangat penting untuk pemerintah daerah ini memperhatikan sulitnya siswa untuk diterima sekolah karena jarak yang jauh. 

"Sangat mendesaknya perlu pembangunan sekolah-sekolah baru untuk menampung anak sekolah yg jaraknya dari rumah tinggalnya sangat jauh," ujarnya.

Program wajib belajar 9 tahun tentu menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah dan menjadi sebuah kewajiban untuk menyediakan fasilitas pendidikan itu. (DEWI PATMALASARI/H) 

Berita Terbaru