Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua Dekranasda Apresiasi Kegiatan Bincang Santai OJK Kalteng

  • Oleh Testi Priscilla
  • 13 Februari 2023 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Tengah, Yulistra Ivo Sugianto Sabran menyampaikan apresiasinya kepada OJK Provinsi Kalimantan Tengah yang telah menyelenggarakan kegiatan Bincang Santai bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan Industri Jasa Keuangan di Wilayah Kota Palangka Raya bertempat di Dewan Kerajinan Nasional Daerah atau Dekranasda Provinsi Kalimantan Tengah.

"Seperti yang sering kita dengar, UMKM memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia sehingga kegiatan untuk menjalin koordinasi seperti ini sangat saya apresiasi," kata Yulistra Ivo dalam rilis yang dikirimkan OJK Kalteng kepada Borneonews pada Senin, 13 Februari 2023.

Menurut Ivo, selain memacu jalannya roda perekonomian, UMKM adalah salah satu sektor yang paling banyak menyerap tenaga kerja yang mampu meningkatkan perekonomian daerah, khususnya Kalimantan Tengah.

“Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM), kontribusi UMKM Kalimantan Tengah terhadap penyerapan total tenaga kerja di Indonesia bahkan mencapai 97 persen, serta dapat menghimpun 60,4 persen investasi di Indonesia, luar biasa sekali tentunya,” kata Ivo lagi.

Sementara itu, Kepala OJK Provinsi Kalimantan Tengah, Otto Fitriandy menyampaikan bahwa upaya mendorong perekonomian daerah melalui peningkatan akses keuangan masyarakat kecil juga terus dilakukan OJK, misalnya dengan menginisiasi beberapa program strategis dalam menyediakan pembiayaan dan pendampingan bagi masyarakat dan usaha mikro kecil, seperti Bank Wakaf Mikro, KUR Klaster, Program JARING, dan memfasilitasi pendirian LKM melalui BUMDES/BUMADES.

“OJK juga mendorong Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD), untuk terus berperan lebih aktif dalam meningkatkan literasi keuangan masyarakat dan membuka akses keuangan masyarakat. OJK juga memiliki peran strategis untuk meningkatkan perekonomian daerah yang mempunyai potensi ekonomi cukup besar terutama pada industri pengolahan, pertanian, informasi dan komunikasi, konstruksi, pendidikan dan pariwisata,” ucap Otto. (TESTI PRISCILLA/J)

Berita Terbaru