Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

MB Ketapang Rawan Karhutla, Camat Pastikan Personil Telah Siaga

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 16 Februari 2023 - 08:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Caman Mentawa Baru Ketapang (MB Ketapang) Eddy Hidayat Setiadi menyebutkan, wilayahnya merupakan daerah rawan kebakaran lahan dan hutan (karhutla). Untuk itu pihaknya memastikan kesiapan personil dalam menghapi bencana tersebut.

Belajar dari pengalaman tahun sebelumnya, MB Ketapang termasuk yang rawan bahkan termasuk kecamatan pertama yang mengalami karehutla. Disebutnya, 11 desa dan kelurahan di wilayah tersebut hampir semua memiliki titik rawan karhutla. Karena 70 persen wilayahnya merupakan lahan gambut. 

"Kalau memang musim kemarau kita biasanya ikut jadi titik lokasi kebakaran contohnya biasanya di pinggir Jalan Sudirman dan pinggir Jalan HM arsyad," kata Camat, Kamis, 16 Februari 2023.

Ia memastikan, semua personil hingga tingkat desa dan kelurahan sudah siap siaga menghadapi bencana karhutla tahun ini. Bahkan yang cukup membanggakan ada relawan mandiri dari masyarakat.

"Jadi biasanya dibentuk oleh pemerintah desa atau pemerintah kota. Tapi ini tadi ada relawan mandiri dari wilayah Kelurahan Mentawa Baru Hilir. Mereka menyiapkan segala sesuatu dan pendanaanya secara Mandiri. Ini luar biasa," tutur Eddy. 

Pihaknya telah siap menghadapi bencana yang diprediksi memasuki siklus 4 tahunan yang mana kemarau akan sangat panjang. Ia telah siaga apabila terjadi bencana bisa bergerak cepat dan bergerak tepat untuk menindak lanjuti bencana tersebut. (DEWI PATMALASARI/H) 

Berita Terbaru