Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Produksi di Food Estate di Pandih Batu terus Meningkat

  • Oleh Rudi Ahmadi
  • 20 Februari 2023 - 21:10 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Bertajuk Bumi Handep Hapakat, Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) yang menjadi salah satu kawasan ketahanan pangan nasional dalam proyek food estate terus berlanjut. Bahkan setelah sekian tahun berjalan padi yang dihasilkan para petani tetap produksi.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau Godfrison menyampaikan bahwa produktivitas lahan pertanian di Kecamatan Pandih Batu yang menjadi kawasan Food Estate kini tetap berjalan dan mengalami peningkatan tiap tahunya.

“Kita pastikan untuk produktivitas lahan pertanian mengalami peningkatan. Dan dikawasan ini ada Intensifikasi dan Ekstensifikasi. Dimana pada tahun 2020 hingga sampai saat ini kawasan pertanian di lokasi tersebut mengalami peningkatan,” katanya.

Ia menerangkan intensifikasi merupakan usaha yang dilakukan untuk meningkatkan hasil pertanian. Contoh usaha intensifikasi adalah cara penggunaan pupuk, pengairan, pemeliharaan, penyuluhan, dan bibit unggul.

Kemudian Ekstensifikasi merupakan usaha digunakan untuk meningkatkan hasil pertanian dengan memperluas lahan pertanian. Meski demikian, diakui Godfrison bahwa di Kabupaten Pulpis sendiri menerima program terakhir kali pada tahun 2021.

“Sedangkan di tahun 2022 kita tidak mendapat kegiatan, sebab pemerintah fokus ke Kapuas, begitu juga di tahun 2023 ini. Namun, tidak adanya program dari pusat bukan halangan bagi kita, sebab para petani masih mampu mengelola lahan secara swadaya,” ujarnya.

Dari hasil tersebut, terbukti pemerintah daerah melalui dinas pertanian pulpis secara berkelanjutan melakukan pembinaan terhadap para petani dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Kalau kita sudah memberikan dukungan melalui pembinaan, bahkan lahan yang kini dikelola secara swadaya oleh para petani ini, dalam waktu dekat akan dilaksanakan panen raya, yang rencananya akan dihadiri oleh presiden republik Indonesia,” tukasnya. (ahm)

Berita Terbaru