Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Pulang Pisau Terima Dokter Internship

  • Oleh Rudi Ahmadi
  • 25 Februari 2023 - 05:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) kembali menerima dokter internship yang akan turut memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Bumi Handep Hapakat selama satu tahun kedepan.

Kepala Dinkes Pande Putu Gina mengatakan sebanyak enam orang dokter tersebut diterima pada Kamis (23/2) yang merupakan dukungan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan Pemerintah Kabupaten Pulpis.

“Ini merupakan program dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dilakukan untuk penyelarasan hasil pendidikan dengan kondisi di lapangan. Dokter internship adalah pendidikan profesi untuk pemahiran dan pemandirian dokter setelah lulus pendidikan dokter," katanya.

Dijelaskan Pande, hal tersebut telah tertuang dalam Undang-Undang Pendidikan Kedokteran,sehingga internship menjadi program wajib untuk semua lulusan dokter baru, yakni selama saty tahun sebagai bagian dari pendidikan profesi sebagai dokter.

Dimana setelah seorang dokter dapat menyelesaikan program internship, akan memperoleh Surat Tanda Selesai Internship yakni berupa sertifikat kompetensi dan surat tanda selesai internship yang merupakan kelengkapan untuk memperoleh Surat Tanda Registrasi dari Konsil Kedokteran Indonesia sebagai dokter umum.

Selain itu, tambah Pande, pihaknya juga menyediakan tempat bertugas yakni di Puskesmas Bereng selama enam bulan dengan menepatkan tiga orang dan tiga di RSUD Pulpis selama enam bulan dengan mendapat tugas di dua tempat berbeda, sehingga dengan adanya enam dokter tersebut kualitas pelayanan kesehatan. (ahm)

Berita Terbaru