Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peringati Isra Mikraj, Sekolah Alam Bina Insan Juga Gelar Pameran Sains dan Bazar

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 25 Februari 2023 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sekolah Alam Bina Insal Pangkalan Bun memperingati Isra Mikraj di lingkungan sekolah setempat, Jalan Tjilik Riwut I, Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Arut Selatan, Sabtu, 24 Februari 2023. Kegiatan juga dirangkai dengan Pameran Sains dan Bazar UMKM.

Bidang Kurikulum Yayasan Bina Insan, Sri Wahyuni menyampaikan bahwa acara ini untuk lebih mengenalkan kegiatan pembelajaran sains yang sudah diterapkan dan dipelajari oleh para siswa di sekolah. Tema kegiatan adalah 'Isra Mikraj Dalam Perspektif Sains'.

"Anak-anak memperesentasikan ilmu sains yang sudah mereka pelajari, dan menampilkan sejumlah eksperimen dihadapan para tamu undangan," ujarnya.

Kegiatan ini diikuti anak-anak dari tiga unit lembaga pendidikan yakni Yayasan Bina Insan mulai dari PAUD atau TK, SD dan SMP. Totalnya adalah 350 anak dengan stand Pameran Sains yang disiapkan berjumlah 18 stand.

Jadi, sambung dia, ini merupakan proses belajar mengajar yang diterapkan sekolah Alam Bina Insan, yaitu dengan metode belajar yang menyenangkan.

"Dalam belajar ini tidak selalu soal teori, tetapi langsung praktik dan bereksperimen," ungkapnya.

Seperti anak TK yang mempresentasikan cara menjernihkan air kotor menjadi air bersih menggunakan media alam. Kemudian anak-anak SMP dengan roboticnya.

"Pada fase ini, anak-anak masih tahapan ketrampilan sains. Jadi, kita ingin, anak-anak ini menjadi ilmuan yang berahlak baik," tuturnya.

Kemudian, pihaknya juga mengundang para orang tua untuk menyinergikan setiap kegiatan belajar mengajar di Sekolah Alam Bina Insan. Sebab, tujuan pendidikan itu pilarnya ada tiga, yaitu orang tua, siswa dan guru.

"Karena ini juga bertepatan dengan Isra Mikraj, maka kita kemas sekaligus dengan peringatan hari besar dalam Islam," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia, Eva Ratnasari mengatakan, selain Pameran Sains, ada juga kegiatan UMKM. 

"Bazar ini, kita kerja sama dengan UMKM yang ada di Kobar untuk menggerakkan para siswa untuk berbisnis," ujarnya.

Selain itu juga, untuk pengumpulan dana dalam program Backpacker. Jadi, tambah dia, untuk Backpacker nanti, mereka tidak lagi meminta uang ke orang tua. (DANANG/Y)

Berita Terbaru