Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPDPKS Bantah Tudingan Dana Program Biodiesel Lebih Besar dari PSR

  • Oleh Testi Priscilla
  • 28 Februari 2023 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Direktur Utama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS, Eddy Abdurachman dalam rilisnya pada Selasa, 28 Februari 2023 membantah tudingan insentif yang diberikan untuk program biodiesel yang disebut sangat besar sehingga realisasi subsidi untuk peremajaan sawit rakyat atau PSR menjadi rendah.

"Tidak betul itu. Tidak ada istilah ini lebih besar, ini lebih kecil, alokasi dana dari BPDPKS sudah sesuai yang diatur ketentuan Peraturan Presiden Nomor 61 Tahun 2015," kata Eddy dalam rilisnya.

Eddy menjelaskan bahwa dalam dalam Peraturan Presiden atau Perpres Nomor 61 tahun 2015 tentang Penghimpunan dan Penggunaan Dana Perkebunan Kelapa Sawit tersebut sudah dijabarkan berapa dana yang harus digelontorkan BPDPKS untuk program peremajaan tanaman, biodiesel, hingga pengembangan SDM.

"Jadi alokasi dana itu disesuaikan dengan kebutuhan," jelasnya.

Dirinya mencontohkan target realisasi subsidi PSR sebesar 180 ribu hektar dengan alokasi Rp30 juta per hektar.

"Aturannya sudah jelas bahwa Rp30 juta per hektar maka BPDPKS mengalokasikan Rp5,6 triliun untuk peremajaan 180 ribu hektare itu," jelasnya lagi.

Sementara untuk target program biodiesel pada 2023 yang mencapai 13,15 juta kiloliter Eddy menekankan BPDPKS hanya akan menanggung biaya selisih harga  indeks pasar atau HIP biodiesel dengan HIP solar.

"Nah jadi tergantung. Pernah 4 bulan lalu kami nggak bayar apa-apa karena solar lebih tinggi dari biodiesel," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/J)

Berita Terbaru