Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketum Apkasindo Nyatakan Dukung Pemerintah Gugat Uni Eropa

  • Oleh Testi Priscilla
  • 28 Februari 2023 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Umum Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia atau Apkasindo Gulat Manurung menyatakan dukungannya pada pemerintah untuk menggugat Uni Eropa ke World Trade Organization atau WTO.

"Saya dukung pemerintah untuk menggugat Uni Eropa ke WTO," kata Gulat tegasnya dalam rilis yang dikirimkan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS kepada Borneonews pada Selasa, 28 Februari 2023.

Hal ini juga disampaikan Gulat dalam momen kegiatan rapat koordinasi sawit nasional dengan bertajuk Menjaga Resiliensi Perkebunan Indonesia 2023 dan Akselerasi Peremajaan Sawit Rakyat, Senin kemarin.

Gugatan yang dimaksud Gulat ialah gugatan yang berkaitan dengan terbitnya Undang-undang Deforestasi yang melarang impor sejumlah komoditas, termasuk sawit, ke Uni Eropa.

"Ya memang harus digugat dan itu wajib. Kalau pemerintah tidak gugat, kami petani sawit yang akan gugat," tuturnya dalam kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Pullman Central Park, Jakarta itu.

Gulat menuturkan bahwa gugatan tersebut perlu untuk dilakukan mengingat permasalahan ini menyangkut keadilan bagi para petani, khususnya petani sawit.

"Terlebih, Indonesia selama ini adalah eksportir terbesar produk sawit. Dengan demikian, larangan ekspor sawit bagi di Tanah Air akan sangat menekan pendapatan petani," cetusnya. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru