Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPKH Kobar Tingkatan Antisipasi Flu Burung

  • Oleh Wahyu Krida
  • 02 Maret 2023 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Provinsi Kalteng, khususnya Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) saat ini masih belum terdeteksi adanya unggas yang terpapar flu burung. Namun demikian, pihaknya sudah mulai melakukan tindakan antisipasi. Apalagi, ada dugaan kasus flu burung merebak di beberapa kabupaten-kota di provinsi tetangga. 

Sekretaris Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kobar, Haryo Prabowo pada Kamis, 2 Maret 2023 mengatakan, upaya itu dilakukan supaya jangan sampai kasus tersebut merebak ke Kalteng, khususnya ke Kobar.

"Mengingat salah satu pintu keluar masuk Kalteng menuju daerah lain di Indonesia adalah dari Kabupaten Kobar," kata Haryo Prabowo.

Menurut Haryo Prabowo, bila kasus flu burung tersebut merembes ke Kabupaten Kobar, cepat atau lambat bila tidak teratasi, kasus ini akan merembes ke Pulau Jawa.

"Pastinya hal ini bakal menimbulkan potensi penyebaran yang semakin luas bila kemungkinan terburuk tersebut terjadi. Karena itulah, sebagai antisipasi awal, kami mulai saat ini melakukan pengawasan lalu lintas unggas yg masuk ke Kobar dari daerah tertular atau dicurigai berpotensi menularkan flu burung," jelas Haryo Prabowo.

Selain itu, lanjut Haryo Prabowo, beberapa hari lalu, pihaknya juga melakukan pendeteksian dini berupa pengambilan sampel darah ayam di beberapa lokasi di Kobar.

"Kegiatan tersebut dilakukan oleh  Tim Laboratorium Kesmavet Provinsi Kalteng dan Bidang Kesehatan Hewan DPKH  Kobar. Hal ini bertujuan untuk surveilans atau pendeteksian dini adanya flu burung," demikian kata Haryo Prabowo. (WAHYU KRIDA/Y) 

Berita Terbaru