Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua Pengurus Cabang IAI Kotim: 6 Puskesmas Belum Memiliki Apoteker

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 05 Maret 2023 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kotim, Ahyat Kusnandar memaparkan, terdapat 6 Puskesmas di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) belum memiliki apoteker.

"Dari 21 puskesmas di Kabupaten Kotim yang sudah terisi 16. Sementara 6 puskesmas belum memiliki apoteker," ujarnya, Minggu, 5 Maret 2023.

Paparan itu dia sampaikan di hadapan Bupati Kotawaringin Timur dalam Konferensi cabang IAI Kabupaten di Banana Ball Room Werra Resort, Minggu, 5 Maret 2023.

Ia menyebutkan, keenam puskesmas itu adalah Puskesmas Tualan hulu, Tumbang Sangai, Tumbang Penyahuan, Tumbang Kalang, Ujung Pandaran dan Bapinang.

Kekosongan apoteker di wilayah tersebut ditengarai karena daerah terpencil, sementara apoteker mampu membuka usaha sendiri di kota. Sehingga minat apoteker sangat minim untuk menjadi tenaga kontrak.

Halikin langsung merespon akan permasalahan tersebut. Pihaknya akan segera memberikan fasilitas bagi apoteker yang berminat. Karena keberadaan apoteker sangat penting bagi rumah sakit sebagai tenaga ahli yang mengetahui obat-obatan. 

"Kalau ada yang berminat silahkan daftar langsung kita angkat jadi tenaga kontrak dan akan kami berikan fasilitas," demikian Halikin. (DEWI PATMALASARI/Y) 

Berita Terbaru