Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ustaz Zuhri Jalil : Kematian Pasti Datang Bagi Semua Manusia

  • Oleh Testi Priscilla
  • 05 Maret 2023 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Jamaah pengajian dwimingguan PCM Pahandut dilaksanakan di kediaman Rasim pada Minggu, 5 Maret 2023. Jamaah menyimak dengan khidmat tausiah yang kali ini disampaikan Ustaz HM Zuhri Jalil yang merupakan Sekretaris PWM Kalteng.

"Sebagai manusia, kita tidak tahu tentang hal yang akan terjadi. Hanya Allah SWT yang maha mengetahui segala sesuatu. Kita tidak tahu kapan hari kiamat, yang pasti kelak terjadi dan itu akan tiba waktunya," ujar Ustaz HM Zuhri Jalil.

"Kita juga tidak bisa memastikan dan hanya bisa memperkirakan kapan akan turun hujan. Kita juga tidak tahu apa yang ada dalam rahim seseorang. Apa yang akan terjadi besok kita juga tidak tahu. Tentu saja kita pun tak tahu kapan dan di mana kita akan mati, tetapi itu pasti akan terjadi," kata Ustaz Zuhri dalam tausiahnya.

Dirinya melanjutkan, Allah SWT berfirman, "Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat; dan Dia-lah Yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. (QS Luqman: 34)."

"Tentu ada hikmah atau pelajaran yang bisa dipetik mengapa kita sebagai manusia tidak diberi tahu tentang sesuatu yang bakal terjadi, termasuk kematian. Ini agar kita senantiasa siap dan mempersiapkan diri dalam menghadapinya kapan dan di mana saja. Dengan begitu, kita harus senantiasa meningkatkan takwa dan beramal kebaikan dengan ikhlas dan sesuai tuntunan Allah Swt. dan Rasulullah Saw," tuturnya.

Dalam ayat lain, katanya, Allah Swt berfirman, "Dia (Allah) Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun." (QS Al Mulk: 2).

"Berkaitan dengan itu, hendaklah kita mempersiapkan diri menghadapi kematian yang merupakan kepastian karena kita tak bisa lari dari kematian. Tidak ada manusia yang bisa bersembunyi dari kematian. Kita juga tidak tahu waktu dan tempat kita akan mati. Oleh sebab itu, mari senantiasa mengumpulkan bekal amal kebaikan terbaik sebelum kematian itu datang," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru