Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kelurahan Sidorejo Open Recruitment Volunteer Pengajar Pondok Baca

  • Oleh Nurita Fitriyastuti
  • 07 Maret 2023 - 21:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kelurahan Sidorejo menyelenggarakan kelas pondok baca gratis yang sudah berjalan sejak 2022 hingga sekarang. Mata pelajaran yang diajarkan yakni Matematika dan Bahasa Inggris, yang diperuntukkan bagi anak-anak tingkat SD/sederajat di Kabupaten Kotawaringin Barat.

Tahun ini Kelurahan Sidorejo sedang membuka open recruitment volunteer (relawan) pengajar pondok baca. Mulai dari mahasiswa, pelajar hingga pekerja bisa mendaftar menjadi volunteer pengajar. 

"Nah kemaren kita open recruitmen karena kita melihat ada beberapa keterbatasan tenaga pengajar terutama MTK, yang paling banyak kami Bahasa Inggris. MTK kita ini sangat sedikit jadi kita open lagi, terutama kelas alfa MTK itu pengajarnya cuma ada dua. Jadi ketika mereka sibuk dua-duanya kelas ini terpaksa harus diliburkan" ujar Lurah Sidorejo, Sahida Ramadana, Senin, 7 Maret 2023.

Volunteer pengajar kelas berbagi pondok baca akan mendapatkan piagam penghargaan yang berbahasa Inggris lengkap dengan tanda tangan Pj Bupati Kobar setelah 6 bulan pengabdian. 

"Pengajarnya pun terdiri dari berbagai macam latar belakang ada yang guru, pegawai, ada juga dari anak-anak sekolah, dan di sini kami sudah bilang untuk pengajar ini mereka harus tau materi apa yang harus disampaikan" katanya.

Mata pelajaran MTK dan Bahasa Inggris dibagi menjadi dua kelas yaitu Kelas alfa dan beta. Kelas alfa ditujukan untuk anak kelas 4 - 6 SD sedangkan beta bagi anak kelas 1 sampai 3 SD. 

Kelas berbagi pondok baca Kelurahan Sidorejo dilaksanakan setiap hari Minggu dan diikuti oleh 25 anak pada tiap elas alfa maupun beta. 

"Jumlah pengajarnya sekitar 16 orang tapi ya untuk mengajarnya mereka gak langsung sama-sama, mereka shif-shifan minggu ini pengajar A, minggu depan pengajar B seperti itu" kata Lurah Sidorejo. 

Ia mengatakan bahwa kegiatan kelas berbagi pondok baca Kelurahan Sidorejo untuk meningkatkan potensi anak-anak Kobar sekaligus diharapkan juga kedepannya untuk menambah kelas gratis mata pelajaran yang lain sehingga masyarakat Kobar terutama orang tua terbantu dengan adanya pemberdayaan tersebut. 

Bagi kamu yang tertarik menjadi volunteer pengajar di kelas berbagi pondok baca Kelurahan Sidorejo maka dapat menghubungi kontak 081255878484 atau mengunjungi langsung kantor Kelurahan Sidorejo. 

Berita Terbaru