Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Halikinnor Akui Kotim Pernah Punya Pelaku Seni Wayang Banjar

  • Oleh Noor Annisa
  • 11 Maret 2023 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit -  Bupati Kabupaten Kotawaringin Timur Halikinnor mengakui bahwa dulu daerah ini juga mempunyai pelaku seni budaya Wayang Banjar, yang saat ini tinggal peralatannya yang tersisa.

"Dulu kita ada, punya segala peralatan lengkap, informasinya masih ada di Cempaga namun saat ini dalangnya sudah meninggal sehingga tidak diteruskan," ungkapnya, Sabtu, 11 Maret 2023.

Halikinnor sengaja mengundang pelaku seni budaya wayang dan menampilkan pertunjukannya di halaman kantor bupati pada Jumat malam, 10 Maret 2023.

Dirinya menyebut, pertunjukan wayang ini merupakan rangkaian dari Festival Budaya Habaring hurung.

"Bertepatan dimana masyarakat dari Beberapa kecamatan hadir dalam perlombaan Festival Habaring Hurung dan itu sifatnya budaya daerah lalu kita mengundang wayang kulit Banjar," tuturnya.

Ia menambahkan, selain untuk menghibur masyarakat pertunjukan wayang banjar untuk mengingatkan bahwa daerah ini mempunyai budaya yang hampir punah khususnya di Kotim.

"Untuk budaya yang sudah hilang ini kita coba mengundang supaya mengingatkan dulu juga ada wayang kulit banjar di sini. Saya sengaja ingin melihat apakah masyarakat masih senang tapi keliatannya yang tua-tua saja yang masih suka kalo generasi era modern kurang begitu suka dengan wayang," ujarnya.

Menurutnya, jika wayang banjar kembali dikembangkan lagi kemungkinan tidak akan begitu banyak peminatnya sebab masyarakat tidak begitu tertarik sedangkan biasanya wayang bisa digelar satu malam penuh.(NOOR ANNISA/H)

Berita Terbaru