Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotim Minta Pelajar Ggunakan Teknologi Dengan Bijak

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 14 Maret 2023 - 07:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor mengingatkan pelajar agar menggunakan teknologi khususnya handphone (HP) dengan bijak. 

"Tidak salah itu HP digunakan, tetapi jangan disalah gunakan," tegasnya, Senin, 13 Maret 2023.

Hal ini ia sampaikan kala mengisi dialog pencegahan pergaulan bebas pada kalangan remaja yang dihadiri sejumlah pelajar sekolah menengah atas di rumah jabatan Bupati, Senin, 13 Maret 2023.

Menurutnya, orang tua zaman sekarang serba salah karena melarang anak menggunakan HP dianggap ketinggalam zaman. Namun apabila memberikan akses HP sering pula disalah gunakan.

Bahkan menurut Fifit Novita, Sekretaris Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lentera Kartini menuturkan, kasus kenakalan remaja paling parah berkaitan dengan kasus digital.

"Mengedarkan foto bugil pacarnya dengan ancaman dan intimidasi juga jadi kasus yang kami temui," kata Fifit.

Itupun menjadi perhatin Halikinnor untuk mengingatkannya, karena HP telah menjadi kebutuhan primer dan setiap pelajar pasti memiliki itu, semestinya digunakan untuk hal positif. Berkomunikasi, belajar dan berkeativitas.

Ia pun berpesan, guna membendung halbnegatif demikian perlu dimulai dari lingkungan terkecil yakni keluarga. Serta penting menanamkan budi pekerti dan moral.

"Karena kalau iman kita kuat berapapun gelombang badai apapun kita tidak akan goyah. Kita tidak ketinggalan zaman dan bisa mengikuti arus itu dengan tidak tersesat ke hal yang negatif," kata Halikinnor. (DEWI PATMALASARI/H) 

Berita Terbaru