Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wali Kota Palangka Raya Minta Rumah Sakit Swasta Layani Pasien BPJS

  • Oleh Hendri
  • 15 Maret 2023 - 18:25 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin meminta rumah sakit swasta dapat bekerjasama untuk melayani pasien BPJS Kesehatan.

Meski tidak bersifat wajib namun hal itu diperlukan untuk mengatasi persoalan kamar inap yang kerap menjadi kendala pelayanan.

"Kita minta kerja sama RS swasta untuk melayani pasien BPJS, karena kita baru saja mencapai Universal Health Coverage atau UHC yang artinya semakin banyak masyarakat tercover pada program JKN," katanya, Rabu, 15 Maret 2023.

Dia menjelaskan, dalam Perpes Nomor 82 disebutkan bahwa RS Swasta memang tidak diwajibkan untuk menjadi mitra BPJS Kesehatan, sementara RS milik pemerintah bersifat wajib.

Namun jika RS Swasta menjadi mitra tentu akan meningkatkan ketersediaan kamar yang selama ini selalu menjadi masalah para peserta BPJS Kesehatan saat berobat.

"Rumah Sakit swasta yang belum bermitra dengan BPJS Kesehatan untuk segera bergabung. Ini akan meningkatkan utilitas dan ketersediaan kamar rawat inap pasien. Saling mendukung dalam pembangunan itu lebih baik," ungkapnya. (HENDRI/J)

Berita Terbaru