Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Kalteng Tepis Kebocoran Data Pemilih

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 15 Maret 2023 - 19:55 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Tengah (Kalteng) menepis isu kebocoran database pemilih.

"Kami berkeyakinan itu bukan data pemilih Kalteng," kata Komisioner KPU Kalteng Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Wawan Wiraatmaja di Kantor KPU Kalteng, Rabu, 15 Maret 2023.

Wawan menyampaikan pihaknya telah melakukan tindak lanjut usai mendapatkan isu kebocoran data dengan mencari tau kebenaran informasi tersebut.

"Di forum tersebut dalam postingan disebutkan langsung data data pemilih KPU Kalteng, yang ditampilkan hanya screenshot situs KPU Kalteng disertai bahasa program yang sebenarnya bisa dilihat umum saat pakai browser," jelasnya.

Kemudian, lanjut dia, data yang ditampilkan dilakukan pengecekan dan kebanyakan bukan nama-nama masyarakat Kateng melainkan nama nama dari daerah timur Indonesia.

Selain itu dilakukan pengecekan beberapa sample nama yang dipublish dan dicocokkan dengan daftar pemilih Kalteng, hasilnya tidak ada nama yang cocok.

"Kode wilayah yang digunakan juga bukan kode wilayah Kalteng. Kalteng kodenya 62, disana tidak ada kode disana, hanya ada satu kolom ID Kalteng namun kodenya salah. Termasuk NIK yang ada tidak valid, dimana NIK standar harusnya 16 digit," tuturnya.

Wawan mnyebutkan setelah pihaknya lanjut melakukan pengecekan sistem KPU, baik di situs KPU maupun di data base pemilih.

"Semuanya tidak ada kebocoran data KPU Kalteng," tegasnya. (HERMAWAN DP/J)

Berita Terbaru