Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kabupaten/Kota Diminta Persiapkan Anggaran Tangani Bencana

  • Oleh Nopri
  • 16 Maret 2023 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran meminta pemerintah kabupaten dan kota untuk untuk dapat menyiapkan anggaran penanganan bencana sedini mungkin supaya penanganan bencana dapat lebih cepat dan optimal.

Mengingat Provinsi Kalimantan Tengah merupakan salah satu daerah yang cukup sering terjadi bencana, seperti kebakaran hutan dan lahan, serta banjir pada saat musim penghujan.

"Paling penting itu anggaran, supaya satgas bisa turun segera. Dari berbagai segi, harus siap semua," katanya, Kamis, 16 Maret 2023.

Saat ini Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah telah menyiapkan anggaran penanganan bencana baik untuk kebakaran hutan dan lahan ataupun banjir sebesar Rp100 miliar. Anggaran itu siap digunakan untuk mem-backup penanganan bencana di kabupaten dan kota.

"Kita sudah rapat mengenai kesiapan anggaran kabupaten dan kota. Saya sudah minta agar ini ditindaklanjuti, jangan sampai nanti setelah kita cek ke lapangan anggaran tidak siap," tegasnya.

Dia menyebut ada beberapa kabupaten dan kota yang masuk dalam kategori rawan bencana misalnya Palangka Raya, Pulang Pisau, Katingan, Kapuas Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, dan Sukamara.

"Saya minta kepada seluruh bupati, wali kota, dan forum koordinasi pimpinan daerah, untuk dapat meningkatkan koordinasi lintas sektoral. Masalah bencana adalah tanggung jawab bersama, yang tentunya harus diselesaikan bersama juga," tutupnya. (NOPRI/J)

Berita Terbaru